HMPS HKI Dorong Mahasiswa Berwirausaha
(iainfmpapua.ac.id) – Himpunan
Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar ‘Diskusi
Pemanfaatan Sumber Daya Lokal dan Kewirausahaan Muda’, secara virtual, 30
Januari 2022.
“Diskusi ini dihadirkan dengan semangat untuk
mendorong mahasiswa dalam berwirausaha,” ucap Ketua bidang Kewirausahaan dan
Ekonomi Kreatif HMPS HKI Muhammad Ridwan. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan
untuk membantu meningkatkan hard skill maupun soft skill yang dimiliki
mahasiswa HKI dalam bidang kewirausahaan. Dengan kegiatan ini, ia berharap para
mahasiswa Program Studi HKI dapat menyadari pentingya dunia kewirausahaan dan
mengubah mindset mahasiswa mengenai dunia kewirausahaan.
Ia memaparkan bahwa mahasisiwa dapat ikut
berperan dalam menumbuhkan ekonomi melalui dunia kewirausahaan.
Sebagai narasumber, Pengelola TPQ Al-Hudz Muhammad
Hudzaifah Hamzah memberikan gambaran tentang peluang berusaha sejak masih
menjadi mahasiswa. “Saat ini masih banyak generasi muda yang terus mengejar
pekerjaan menjadi PNS tanpa terpikir untuk membuat lapangan pekerjaan itu
sendiri,” ungkapnya. Pola pikir seperti inilah yang menurut Hudzaifah harus
diubah terlebih dahulu. “Potensi sumber daya lokal di Papua banyak yang bisa dimanfaatkan
dalam dunia kewirausahaan, namun fokus generasi kita tidak ke situ sehingga
potensi-potensi yang ada juga tidak terlihat,” jelasnya. Ia mengingatkan bahwa
masa remaja adalah masa yang potensial untuk terjun ke dunia usaha. “Karena
mereka adalah pemegang tekhnologi dan penguasa era digitalisasi yang tentunya
akan dengan mudah mendapatkan pasar,” tambahnya. Jika bisa memanfaatkan potensi
yang ada, lanjutnya, pemuda tentu dapat menguasai pasar nasional maupun
internasional. Oleh karenanya, menurutnya, diskusi-diskusi kewirausahaan yang
menghadirkan mahasiswa ataupun pemuda seperti ini perlu untuk terus digalakkan.
Kegiatan yang diikuti para mahasiswa HKI ini diisi
dengan diskusi dan tanya jawab di akhir sesi. Za/Is/Zul/Her/Ran)