STAIN Al-Fatah dan Rumah Zakat Gelar Sholat Istisqo

(STAIN Al-Fatah Jayapura) STAIN Al-Fatah Jayapura bekerjasama dengan Rumah Zakat Jayapura menyelenggarakan Sholat Istisqo di Halaman Rektorat Kampus, Kamis 29 Oktober 2015. Dalam sambutannya, Wakil Ketua I STAIN Al-Fatah Jayapura M Dahlan Sain, S.Ag, MM mewakili Ketua menyampaikan bahwa sholat Istisqo ini didasari atas rasa kebersamaan dan kekeluargaan.
“Saat ini kita melihat berbagai peristiwa kekeringan di seluruh tanah air, karena musim kemarau yang berkepanjangan, yang berdampak pada hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya.
Ceramah H Baiturrahman
Menurutnya, banyak contoh yang bisa kita lihat seperti lahan pertanian dan sawah kering, peternak yang tidak bisa memberi air yang cukup bagi ternaknya, dan permasalahan lain karena kekeringan.
“Jika ini ujian, maka setiap ujian perlu upaya dan ikhtiar untuk menjalaninya atau mencari solusinya, salah satunya adalah dengan sholat istisqo atau memohon datangnya hujan, sehingga mudah-mudahan doa permohonan kita akan dikabulkan oleh Allah SWT,” katanya.
Selain itu, sambung Dahlan, kegiatan ini juga merupakan proses pembelajaran untuk mahasiswa, khususnya dalam mata kuliah praktikum ibadah.
Dalam pelaksanaan Sholat Istisqo ini, Direktur Pascasarjana Dr H Husnul Yaqin, MH bertindak sebagai Imam Sholat, dan Dosen Syariah H. Baiturrahman, SH, M.Hum sebagai Khatib.
Dalam khutbahnya, ia menjelaskan bahwa tujuan Sholat Istisqo ini adalah memohon agar hujan turun, yaitu hujan yang membawa rahmat, hujan yang mendatangkan kebaikan, kemaslahatan, kebajikan, kebahagiaan, keselamatan dan kesejahteraan bagi seluruh umat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
“Bila bencana menimpa orang yang bertakwa, maka itu adalah ujian, jika bencana menimpa orang yang tidak istiqomah dalam ibadahnya, maka bencana merupakan sebuah teguran agar kita kembali istiqomah dalam ibadah, dan bencana merupakan hukuman bagi orang yang selalu melakukan maksiat dan keburukan,” urainya.
Untuk itu, ia mengajak seluruh umat segera bertaubat dan menyesal atas keburukan dan kesalahan yang mungkin telah dilakukan.
“Perbanyaklah membaca istighfar dan mohon ampun, semoga kiranya Allah menurunkan rahmatnya bagi kita semua,” sambung Baitur.
Sholat Istisqo ini diikuti segenap sivitas akademik STAIN Al-Fatah Jayapura, staf Rumah Zakat Jayapura, mahasiswa IPDN, dan siswa SMU 4 Kota Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus