Perempuan Berperan Penting Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

(Jayapura, 11 Desember 2017) Perempuan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Wakil Ketua II STAIN Al-Fatah Jayapura H. Musa Rumbaru, SH, MH, menyampaikan hal ini dalam pembukaan kegiatan Silaturahim dan Focus Group Discussion Peran Organisasi Wanita dalam Penguatan Pembangunan di Aula kampus, 9 Desember 2017.
“Maka dari itu, peningkatan kualitas SDM tidak hanya untuk kaum laki-laki tetapi juga kaum perempuan, karena dalam berbagai bidang, terbukti perempuan yang sanggup menorehkan nama besar dalam pencapaian sebuah prestasi,” ujarnya. 
H Musa Rumbaru, MH
Ia mencontohkan dalam bidang olahraga, Papua pernah memiliki atlet angkat besi tangguh bernama Lisa Rumbewas yang sanggup membawa nama harum Indonesia di kancah kompetisi internasional.
“Ini salah satu bukti nyata, bagaimana perempuan punya peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” tambahnya.
Menurut Musa, peran penting perempuan juga harus nampak dalam bidang pendidikan maupun bidang-bidang lain.
Pada bagian yang sama, Ketua Panitia FGD sekaligus Kepala Pusat Studi Wanita (PSW) STAIN Al-Fatah Jayapura Siti Rokhmah, M.Pd, menjelaskan, acara ini bertujuan mensosialisasikan program tentang PSW STAIN Al-Fatah Jayapura kepada para peserta.
“Selain itu juga untuk menyamakan presepsi dalam merespon berbagai persoalan gender dan mendorong sumber daya intelektual dari berbagai disiplin ilmu untuk menciptakan solusi persoalan gender,” sambungnya.
Kaum perempuan, kata dia, tergolong pada kelompok yang sering berada pada posisi belakang dalam proses peningkatan kualitas SDM. Dalam bidang pendidikan, ditandai dengan masih tingginya angka buta huruf dan sedikitnya jumlah lulusan SMA maupun perguruan tinggi.
“Belum lagi bicara sektor ketenagakerjaan dan lain-lain, nah maka dari itu, kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menambah kepedulian kita dalam mengatasi berbagai persoalan tersebut,” tegasnya.
Ia menambahkan, pemateri kegiatan ini datang dari pimpinan berbagai unsur organisasi perempuan di Kota Jayapura.
“Ada Muslimat NU, Alisha Khadijah, Peradi, Aisyah, Wanita Islam, BKMT, dan beberapa organisasi lain,” jelasnya.
Kegiatan yang digelar selama satu hari ini diikuti kalangan organisasi wanita dan civitas akademik STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus