Organisasi Kampus Harus Bergerak Lebih Dinamis



(STAIN Al-Fatah Jayapura) Untuk mewujudkan alih status dari STAIN menjadi IAIN (Institut Agama Islam Negeri), maka organisasi kampus harus bergerak lebih dinamis dibanding sebelumnya. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam Rapat Pembahasan Visi dan Misi Kampus menjelang alih status menuju IAIN di Ruang Rapat Senat STAIN Al-Fatah Jayapura Senin, 16 Februari 2015.
“Untuk memunculkan kampus yang dinamis ini, maka tiap orang di dalamnya juga dituntut untuk bergerak lebih dinamis,” ujar Ketua.
Ketua STAIN (kanan) bersama Waket III
Ia mencontohkan, bahwa aktifitas dosen harus lebih teratur dan bisa diukur dengan parameter yang jelas.
“Misalnya, jangan hanya ikut-ikut program yang dibuat dosen lain, jadi tiap orang harus punya tujuan kerja yang jelas, terukur dan bergerak dinamis,” tambahnya.
Untuk mewujudkan  hal itu, kata Ketua, civitas akademik harus memiliki wawasan yang global dan memahami perkembangan terbaru dari dunia pendidikan. Dosen dan pegawai bisa jadi suatu saat akan diarahkan untuk mengerjakan studi orientasi ke luar negeri agar memahami langsung perkembangan ilmu pendidikan secara global.
“Mungkin ke Yaman, Iran, Mesir, Jerman atau negara lain dengan pola pendidikan yang lebih berkembang,” tambahnya.
Sehingga, lanjutnya, ketika akan mengkritisi seseorang, sebaiknya harus tahu lebih dulu background pendidikan dan wawasan orang lain tersebut.
Suasana Rapat
Namun ia mengingatkan, bahwa dari studi orientasi semacam itu, kiranya ada yang dapat dimanfaatkan untuk kampus.
“Harus mengingat konteks lokal, ada yang bisa dipakai langsung, ada pola-pola dan manajemen pendidikan yang penerapannya harus berpijak pada kearifan lokal,” ingatnya.
Pada bagian lain, Ketua STAIN juga meminta masukan-masukan konstruktif dari dosen serta pejabat untuk membangun visi dan misi dalam rangka alih status menuju IAIN.
Rapat ini diikuti seluruh pejabat dan Kepala unit di lingkungan STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus