Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas


Dr. H. Idrus AlHamid, S.Ag, M.Si

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Musorma adalah musyawarah mahasiswa tertinggi di tingkatan Perguruan Tinggi. Untuk itu kegiatan Musorma harus menghasilkan keputusan yang baik bagi aktifitas mahasiswa di kampus. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam Pembukaan Musyawarah Organisasi Mahasiswa (Musorma) STAIN Al-Fatah Jayapura Tahun 2015, di Aula kampus, Rabu 22 April 2015.
“Musorma harus menghasilkan Pengurus DEMA atau Dewan Eksekutif Mahasiswa yang memiliki integritas untuk kampus,” ujarnya.
Ia meminta, jika seseorang itu tidak kompeten, maka jangan dipaksakan untuk menjadi Ketua DEMA. “Karena kalau itu terjadi, biasanya ia tidak akan mampu mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang dia kerjakan,” tambah Ketua.
Menurut Ketua, dokumen-dokumen menyangkut pemilihan pengurus DEMA harus segera diserahkan ke Ketua melalui Waket III. Dokumen tersebut berisi hasil dari Musorma dan Pemilihan yang memutuskan nama-nama bidang dalam struktur DEMA.
“Misalnya, ada bidang atau divisi kekaryaan mahasiswa, atau yang lain, yang penting dalam pembentukkannya harus bersifat riil dan rasional dengan kondisi yang ada,” pesan Ketua.
Ia mengingatkan agar jangan lupa memedomani petunjuk Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama tentang Musorma dan Pemilihan DEMA.
“Satu hal lagi, jangan semua mau menjadi pengurus Dewan Mahasiswa, karena masih ada organisasi atau lembaga lain bagi mahasiswa berkarya dan aktif di kampus,” katanya.
Suasana Pembukaan Musorma
Ketua mencontohkan, bisa saja mahasiswa mengusulkan pembentukan Lembaga Dakwah Kampus sebagai wadah dan sarana bagi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan dakwah.
“Atau bisa juga mengusulkan Unit Kegiatan Mahasiswa lain, yang berdiri otonom masing-masing,” jelasnya.
Ketua berpesan, agar dalam Pemilihan DEMA nanti didapatkan orang yang memiliki integritas kemitraan, yang aktif di dalam dan di luar, dalam memberi citra positif bagi kampus.
Kegiatan pembukaan Musorma dengan tema “Meningkatkan rasa Tanggungjawab Mahasiswa dan Mencetak Pemimpin Baru yang Dapat Melakukan Perubahan di Masa akan Datang” dihadiri pejabat, dosen, dan kalangan mahasiswa STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus