STAIN Al-Fatah Gelar Lokakarya Tata Kelola Administrasi Perpustakaan



(STAIN Al-Fatah Jayapura) Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan STAIN Al-Fatah Jayapura menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Tata Kelola Administrasi Perpustakaan yang bertempat di Laboratorium Multimedia, Kamis 12 November 2015. Dalam sambutan pembukaan Lokakarya, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si mengatakan, kondisi sosial masyarakat terus berubah dan semakin modern. Masyarakat yang maju ini semakin cerdas dan haus akan sumber pengetahuan yang tak terbatas.
Dr H Idrus AlHamid, M.Si, Agung Budiono, S.Sos, dan Venice Djianto, SE
“Nah, perpustakaan bisa jadi salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mecerdaskan bangsa,” ujarnya. Maka, lanjut Ketua, perpustakaan tidak hanya punya peran penting sebagai tempat penguasaan ilmu pengetahuan tapi juga sebagai tempat yang menyenangkan dalam mencari pengetahuan tersebut.
“Konteks menyenangkan ini bisa ditafsirkan beragam, nah disinilah pentingnya diskusi dan lokakarya semacam ini untuk mencari formula seperti itu, agar perpustakaan menjadi tempat kunjungan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mencerdaskan mahasiswa maupun dosen dan staf,” tambah Ketua.
Ia berharap dengan kegiatan ini, semua perserta lokakarya baik mahasiswa, dosen, maupun pegawai memahami bahwa perpustakaan adalah jiwa dari sebuah perguruan tinggi.
Dalam laporannya, Ketua Panitia lokakarya Agung Budiono, S.Sos menjelaskan bahwa kegiatan lokakarya ini mencakup materi Sosialisasi UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, dan focus group discussion tentang tata kelola administrasi perpustakaan.
“Sebagai pemateri diantaranya, adalah Pustakawan Madya dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua, Bapak Mangadar Gultom, SH, SS, dan Pustakawan dari STAIN Al-Fatah Jayapura Tuwaji, S.Sos, M.Si,” terangnya.
Lokakarya yang berlangsung selama satu hari ini diikuti 40 peserta dari unsur dosen, mahasiswa, dan pegawai atau staf yang aktif dalam kunjungan dan minat baca di perpustakaan.
“Semoga dengan lokakarya ini kita mendapat masukan dan ususlan berharga dari peserta untuk pengembangan perpustakaan STAIN Al-Fatah Jayapura ke depan,” tutup Agung.  (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus