Mahasiswa KKN Harus Pahami Tata Sosial di Masyarakat



(STAIN Al-Fatah Jayapura) Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) diminta memahami kondisi sosial dan kebiasaan masyarakat di lokasi KKN. Wakil Ketua I STAIN Al-Fatah Jayapura M. Dahlan Sain, S.Ag, MM, menegaskan hal ini dalam sambutannya pada acara ‘Pembekalan Peserta KKN 2016 Jurusan Tarbiyah dan Syariah” di Ruangan Laboratorium Multimedia, Jumat 4 Maret 2016.
“Setelah memahami kondisi sosial di sana, barulah kita dapat menerapkan tugas-tugas yang sudah disiapkan dari kampus untuk kegiatan KKN,” tambahnya.
Menurut Dahlan, penyesuaian diri dengan warga di tempat KKN sangat penting agar mahasiswa dapat dengan mudah melaksanakan aktifitas bersama masyarakat.
“Silahkan melakukan pembinaan khususnya kepada generasi muda, tetapi jangan menggurui atau merasa paling pintar, apalagi kepada masyarakat yang sudah lama bermukim di sana,” ujarnya.
Hal ini penting, lanjutnya, agar mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater. 
“KKN ini kegiatan akademik yang sudah terukur dan terstruktur dengan baik dari tahun ke tahun,” ucap Waket I.
Maka, kata dia, kegiatan ini belum bisa tergantikan oleh kegiatan lain yang dapat memberikan dampak positif serupa dengan KKN.
“Untuk itu, saya minta mahasiswa peserta KKN dapat bertanggungjawab terhadap setiap aktifitas di lokasi nanti,” pesannya.
Pada laporannya, Ketua Panitia KKN 2016 Suparto Iribaram, S.Sos, MA, mengatakan, KKN kali ini diikuti oleh enampuluh mahasiswa. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok yang akan ditempatkan di Nimbokrang, Yapsi (Kabupaten Jayapura), Fak-Fak (Papua Barat), Arso VII, Arso PIR IV (Kabupaten Keerom), Koya Barat dan Skouw Sae (Kota Jayapura).
“Khusus untuk yang di Kota Jayapura, kita ketambahan tamu mahasiswa KKN dari IAIN Jember sebanyak 12 mahasiswa,” ujar Suparto.
Ia meminta agar mahasiswa STAIN Al-Fatah Jayapura dapat membantu kepada mahasiswa IAIN Jember untuk menunjukkan hal yang positif dalam setiap aktifitas KKN nanti.
Pada bagian akhir laporannya, Suparto meminta dukungan penuh dari setiap civitas akademik untuk kelancaran kegiatan KKN. Acara Pembukaan Pembekalan KKN ini turut dihadiri unsur pejabat dan dosen STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus