STAIN Al-Fatah Ikuti Perkemahan Wirakarya Nasional XIII di Kendari

(STAIN AL-Fatah Jayapura) Pramuka Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura mengikuti Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia yang ke-13 di Kendari, 16 hingga 22 Mei 2016.
“Kegiatan ini adalah ajang bagi adik-adik Pramuka menunjukkan kemampuan survival di alam dan sekaligus memupuk jiwa social di tengah masyarakat,” ujar Ketua STAIN AL-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si dalam sambutan Upacara pelepasan kontingen di Halaman Rektorat kampus 13 Mei 2016.
“Tunjukkan bahwa kalian memiliki rasa persaudaraan yang baik saat membaur bersama kontingen lain dari seluruh nusantara,” tambahnya.
Ketua meminta agar para peserta selalu menjaga sopan santun dan etika dalam pergaulan di lingkungan perkemahan.
“Di sana ada banyak peserta dari berbagai daerah yang adatnya berbeda, ada juga peserta perwakilan dari Negara lain, maka kalian harus menjaga toleransi dan membina hubungan baik dengan seluruh warga perkemahan,” pesan Ketua.
Ketua berharap, para peserta PW bisa mengambil nilai-nilai positif dalam kegiatan kepramukaan dan kelak dapat menerapkannya di lingkungan kampus.
Dalam kegiatan PW kali ini, STAIN AL-Fatah Jayapura memberangkatkan 21 pramuka yang tergabung dalam Racana Cycloop Jayawijaya. Mereka terdiri sembilan Racana Putra, Sembilan Racana Putri, dua orang Bindamping dan satu orang Pinkon atau Pimpinan Kontingen.
Wakil Ketua III sekaligus Pinkon Racana Cycloop Jayawijaya Talabudin Umkabu, S.Ag, M.Pd mengatakan, materi dalam PW berisikan banyak kegiatan lapangan yang akan memberikan pengalaman berharga bagi peserta kontingen.
“Dari Bindamping ada materi sendiri, dari Racana masing-masing juga ada kegiatan sendiri,” ujarnya.
Ia mencontohkan, Bindamping akan mengikuti materi Sisdiklat, Diskusi Kepramukaan, Lobang Angsa, Open Forum, Pelantikan Pandega, dan lain-lain. Sedangkan Racana akan mengikuti Home Stay, Bakti social, Lomba Tilawah, Wawasan Jurnalistik, Penyuluhan Administrasi Gudep, Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan lain-lain.
“Semoga adik-adik kita mampu bersaing dan mendapatkan hasil positif dalam kegiatan ini,” harapnya.
Upacara pelepasan kontingen ini ditandai dengan penyerahan bendera kontingen Racana Cycloop Jayawijaya ke Pinkon yang disaksikan civitas akademik STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus