Agar Lembaga Maju, Semua SDM Harus Punya Kepercayaan Diri



(Jayapura, 26 Februari 2018) – “Agar sebuah lembaga bisa maju, maka orang-orang di dalamnya harus punya rasa percaya diri yang tinggi,” ujar Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM) Prof. Dr. Irwan Abdullah, MA, saat menjadi pembicara dalam kegiatan Rapat Kerja (Raker) STAIN Al-Fatah Jayapura, 23 Februari 2018 di salah satu hotel di Jayapura.
Irwan menyebutkan bahwa dirinya telah sering menemukan pengalaman di berbagai institusi di seluruh dunia tentang kurangnya kepercayaan diri sumber daya manusia (SDM) dalam bekerja. Untuk di kampus, lanjutnya, rasa percaya diri juga harus dimiliki oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
“Staf atau pegawai adalah unsur yang sangat menentukan maju atau tidaknya kampus ini,” tegasnya.
Ia mencontohkan, seringkali seorang staf dengan pangkat rendah merasa ragu-ragu ketika harus berbicara dengan seorang dosen yang bergelar profesor.
Prof Irwan Abdullah, Dr Idrus Al Hamid, dan Amiruddin Kuba, MA
“Karena kurang percaya diri itu, maka akan menghambat komunikasi di dalam pekerjaan, sehingga secara berkelanjutan akan menghambat seluruh alur aktifitas kerja organisasi,” terangnya.
Padahal, lanjutnya, seorang dosen dapat meraih pangkat yang tinggi dengan kerja keras yang dilakukan tenaga kependidikan.
“Kelengkapan berkas, proses administrasi, dan lain sebagainya. Itupun tidak mudah. Makanya, staf atau pegawai harus punya rasa percaya diri untuk berkomunikasi dengan pihak lain di internal kampus untuk menyelesaikan berbagai tugas dan kewajiban bersama,” jelasnya.
Persoalan rasa percaya diri juga seringkali menghantui dosen dalam kegiatan-kegiatan penelitian akademik.
“Beberapa hambatan dalam penelitian dosen yang pernah saya lihat, itu seringkali hanya karena yang bersangkutan kurang percaya diri ketika harus berhadapan dengan orang yang punya jabatan politis atau yang disegani,” tambah dia.
Karena itu, ia mengajak civitas akademik untuk bisa keluar dari kebiasaan krisis kepercayaan diri tersebut.
“Mulailah melangkah, satu langkah saja ke depan, dan sisanya akan mengikuti dengan sendirinya,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menyampaikan bahwa Raker tidak boleh semata-mata hanya dimaknai sebagai rutinitas belaka.
“Dalam setiap Raker, salah satunya dibahas berbagai masalah yang menghambat tugas dan kewajiban ASN dan juga dibahas program-program kerja ke depan secara serius,” kata dia.
Karena itu, sambungnya, peserta Raker diharapkan memahami tupoksi atau tugas pokok dan fungsi masing-masing, agar dapat mengusulkan perbaikan-perbaikan dalam organisasi di masa yang akan datang.
Ketua Panitia Raker Hj. Sien Mahulette, SE, MM, mengatakan, Raker diikuti 57 peserta yang terdiri dari pejabat, dosen, pegawai STAIN Al-Fatah Jayapura, dan undangan dari pihak luar.
Raker yang digelar selama tiga hari ini juga menghadirkan Kasi Bina Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Agama, Amirudin Kuba, MA sebagai salah satu narasumber utama.  (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus