Lulusan Pascasarjana Harus Tanggungjawab Amalkan Ilmunya



(Jayapura, 7 Februari 2018) – Lulusan Program Pascasarjana harus bertanggungjawab mengamalkan ilmu yang didapat kepada masyarakat luas. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam sambutannya pada Yudisium Angkatan I Program Pascasarjana Magister Program Studi Pendidikan Agama Islam Multikultur STAIN Al-Fatah Jayapura di Hotel Grand Abe, 7 Februari 2018.
“Tugas dan tanggungjawab para lulusan sangat berat, di mana anda harus mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh selama dua tahun ini kepada masyarakat di lingkungan sekitar,” kata Ketua.
Terlebih lagi, sambung Ketua, lulusan S2 kali ini berasal dari Program Studi PAI Multikultur.
Ketua STAIN Al-Fatah Dr H Idrus Al-Hamid didampingi Direktur Pascasarjana Dr H Husnul Yaqin memberi penghargaan kepada lulusan terbaik
“Sesuai dengan Prodi tersebut, para lulusan juga diminta kecakapannya dalam menerapkan pendidikan agama Islam di tengah-tengah masyarakat yang beragam etnis dan budaya di Papua khususnya,” ucap Ketua.
Menurutnya, dibutuhkan sikap yang toleran dan saling menghargai kemajemukan dalam mengaplikasikan skill yang dimiliki agar memberi kontribusi positif kepada umat.
“Jangan hanya bisa memberi karya kata, tapi yang lebih baik adalah membuat karya nyata,” pesan Ketua.
Ia mengingatkan, mahasiswa pascasarjana yang baru saja melaksanakan yudisium ini adalah lulusan S2 angkatan pertama dari Prodi PAI Multikultur. Maka, lanjutnya, diharapkan para lulusan juga dapat memberi citra yang baik kepada para generasi muda yang akan menempuh pendidikan magister berikutnya.
“Sekarang ini kita banyak melihat kabar dan info yang beraneka ragam di media sosial terkait masalah soaial keagamaan, yang mana ada yang benar dan ada yang salah, nah, salah satu tugas anda adalah memberi pemahaman yang baik kepada warga dan jangan ikut-ikutan menyebarkan info yang belum tentu benar,” tegasnya.
Ketua berpesan agar tiap individu mempunyai langkah nyata dalam membangun budaya yang baik bagi peradaban umat.
Sementara itu, Direktur Pascasarjana STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Husnul Yaqin, M.H, mengatakan, STAIN Al-Fatah Jayapura melaksanakan yudisium kepada 27 mahasiswa S2 Prodi PAI Multikultur.
“Kami bersyukur, dalam yudisium kali ini sekaligus dapat memberi hadiah indah kepada lulusan kami karena Pascasarjana STAIN Al-Fatah Jayapura telah mendapat akreditasi B dari BAN-PT,” ungkapnya.
Nilai terbaik pada yudisium kali ini diperoleh Mohammad Nur Yahya dengan IPK 3,54 dan Zaidir dengan IPK 3,52.
Yudisium Angkatan I Program Pascasarjana Magister Program Studi Pendidikan Agama Islam Multikultur ini dihadiri para undangan, pejabat, dan civitas akademik STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus