Polda Papua Taruh Harapan Besar Pada IAIN Fattahul Muluk

(Jayapura,   30 Agustus 2018) – Kepolisian Daerah (Polda) Papua menaruh harapan besar pada ‘output’ Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua. Wakil Direktur Binmas Polda Papua AKBP  Yamin Diyan Priyono menegaskan hal ini dalam sambutannya mewakili Kapolda pada kegiatan Taaruf Mahady (Silaturahim dan Perkenalan Mahad) di Gedung Kuliah Terpadu IAIN Fattahul Muluk Papua, 30 Agustus 2018.
Di depan ratusan santri mahasiswa, Yamin menyatakan bahwa pihaknya bangga akan keberadaan IAIN Fattahul Muluk Papua yang baru saja beralih status dari STAIN Al-Fatah Jayapura.
“Kami menaruh harapan pada output atau lulusan di sini agar dapat memajukan pendidikan di Papua,” ujarnya.

Terkait dinamika keamanan dan ketertiban di masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Polda Papua, ia menyatakan bahwa civitas akademik diharapkan melahirkan sosok akademisi yang mengemban nilai-nilai luhur agama yang Rahmatan lil Alamin (rahmat bagi seluruh alam). Yamin meminta agar peserta Taaruf Mahad dapat menjaga dan mengembangkan sikap toleransi saling menghormati antar warga dan budaya, dalam berinteraksi di masyarakat.
“Ada ungkapan, matahari terbit dari timur, dalam hal ini artinya mari kita tingkatkan kualitas pendidikan, sosial budaya, ekonomi, dan lain-lain dari tempat kita berada,” jelasnya.
Pada bagian yang sama, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan bahwa aktifitas akademik tidak hanya tentang belajar materi-materi sesuai kurikulum perguruan tinggi.
“Tetapi juga penting adanya siraman rohani, nah melalui Mahad inilah akan tercipta kegiatan-kegiatan yang dapat membina santri dalam kehidupan yang religius,” jelasnya.
Rektor mengatakan, lembaga akan memberikan fasilitas pada mahasiswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik.
“Misalnya, bagi mereka yang dapat berbahasa Arab secara aktif, maka bisa saja kami bantu untuk mendapat pendidikan tambahan di luar negeri yang menggunakan bahasa internasional,” sambungnya.
Direktur Mahad Al-Jamiah IAIN Fattahul Muluk Papua M. Yasin Un Mayalibit, M.Ag, mengatakan, tujuan dari taaruf ini adalah sebagai upaya memperkenalkan mahasiswa baru kepada kegiatan kampus maupun kegiatan di Mahad.
“Sehingga mahasiswa lebih cepat beradapatasi dengan berbagai aktifitas di kampus,” tambahnya.
Pembukaan Taaruf Mahady juga dihadiri segenap jajaran pejabat dan dosen di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua (Her).

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus