Mubes HMPS ES: Mahasiswa Asah Jiwa Kepemimpinan

(iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa adalah calon pemimpin, maka penting untuk setiap mahasiswa terlibat dalam kegiatan yang bisa mengasah jiwa kepemimpinannya. Wakil Rektor III (Warek III) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Dr. Suparto Iribaram, M.A menyampaikan hal ini saat memberikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah Besar (mubes) ke V Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 1 Juni 2023.

“Dimulai dari memimpin organisasi kecil di kampus seperti HMPS ini, maka kalian harus bisa menunjukkan kapasitas diri sebagai seorang mahasiswa yang bisa memimpin,” ujarnya. Menurutnya seorang pemimpin harus mampu mengerti berbagai persoalan di lingkungan kampus, baik dalam tingkat mahasiswa hingga prodi dan fakultas. “Bisa mewakili dan membawa nama baik prodi dan fakultas dengan menjadi leader HMPS, dari situlah kalian belajar dan kemampuan memimpin kalian diasah, karena seseorang perlu proses untuk menjadi seorang pemimpin yang besar,” jelasnya. Suparto juga berpesan agar yang terpilih jadi pemimpin HMPS periode baru nantinya dapat memberikan motivasi bagi anggotanya untuk bisa turut berkontribusi memajukan nama prodi di kalangan masyarakat. “Karena salah satu peran HMPS adalah untuk membantu prodi dan fakultas pada berbagai kegiatan kampus, salah satunya dalam merekrut mahasiswa baru pada prodi masing-masing,” tuturnya.

Dalam sambutan sebelumnya, Wakil Dekan I FEBI, Dr. Moh Syarifudin, M.EI mengharapkan agar hasil Mubes ini dapat menghasilkan kepemimpinan yang berintegritas dan memiliki kepedulian yang tinggi untuk memajukan FEBI. “Pendidikan itu bukan hanya mencari pengetahuan saja tapi juga diamalkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, berorganisasi juga belajar bagaimana cara saling menghormati dan bekerjasama dalam membuat dan melaksanakan sebuah program,” urainya. Menurutnya, jika mahasiswa sudah memiliki pengetahuan dan sudah mengimplementasikannya maka mahasiswa akan memiliki karakteristik yang bersinergi. “Baik dalam dunia pendidikan maupun masyarakat,” imbuhnya.

Ketua Prodi ES, Abdul Karman, M.M berkomitmen mendorong dan mensupport HMPS untuk menjalankan roda organisasi sesuai dengan aturan yang berlaku. “Karenanya siapapun yang terpilih bisa memimpin HMPS ke depan jauh lebih baik,” ungkapnya. Harapannya, HMPS ES bisa terus berkontribusi baik dalam tingkat prodi maupun fakultas. “Karena siapapun yang terpilih harus sudah siap menjadi perpanjangan tangan baik dari prodi maupun fakultas untuk memberikan instruksi dan masukan-masukan dalam berorganisasi,” pungkasnya.

Ketua HMPS ES, Yusni berpesan kepengurusan yang baru nantinya dapat  terus kompak dan bekerjasama untuk melanjutkan roda organisasi HMPS ES. “Untuk terus aktif dalam menjalankan berbagai program kegiatan yang edukatif dan inovatif,” imbuhnya.

Kegiatan dengan tema ‘Menunjukan Kepemimpinan Serta Membangun Jiwa Solidaritas dan Bersinergi Menuju HMPS EKSYAR yang Unggul’ ini bertujuan mendapatkan kepengurusan baru di periode selanjutnya melalui berbagai tahapan. Acara dihadiri oleh seluruh mahasiswa prodi Ekonomi Syariah dan masing-masing perwakilan HMPS di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran) 

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus