Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi semakin Modern


Dr Muhammad Zain, MAg bersama Ketua STAIN

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Model Pembelajaran dalam lingkup perguruan tinggi saat ini sudah semakin modern dengan memanfaatkan fasilitas internet dan multimedia. Kasubdit Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Dr Muhammad Zain, M.Ag menyampaikan hal ini mewakili Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama R.I. dalam forum “Silaturahmi Civitas Akademik STAIN Al-Fatah Jayapura dengan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag” di Masjid Al-Hamid kampus STAIN Al-Fatah Jayapura, Selasa 24 Maret 2015.
“Dalam konteks pendidikan pasca sarjana, dosen dan mahasiswa dimungkinkan untuk belajar melalui media internet,” ujarnya.
Menurutnya, kuliah tidak sebatas tatap muka di kelas, namun bisa melalui media audio visual yang difasilitasi kecanggihan teknologi internet.
“Manfaatkan teknologi untuk mencapai akses pendidikan tak terbatas, misalnya kuliah dengan dosen dari luar negeri, dan sejenisnya,” tambahnya.
Dalam kesempatan itu, ia juga menyoroti maraknya aliran maupun paham yang berseberangan dengan ajaran agama Islam.
“Kita harus menjaga agar Islam menjadi agama yang sejuk untuk semua umat, atau Rahmatan Lil alamin, bukannya menjelek-jelekkan orang lain,” kata dia.
Ia mengingatkan sekarang sudah muncul penetrasi paham radikal melalui berbagai unsur, termasuk kurikulum pendidikan umum.
Suasana Diskusi
“Silahkan dicermati dan diwaspadai, ada beberapa buku dari kurikulum umum di sekolah dasar kita, ada model-model statement yang salah dalam pembelajaran dan pemahaman seputar agama Islam,” jelasnya.
Untuk itu, katanya, perlu adanya pembukaan program pasca sarjana agar muncul kesimpulan akademik yang tepat untuk model pendidikan agama di Indonesia.
“Karena itu, saya sepakat jika STAIN Al-Fatah Jayapura segera membuka program pasca sarjana,” tambahnya.
Ia salut dengan usaha keras dari civitas akademik yang sudah berjuang keras mewujudkan STAIN Al-Fatah Jayapura hingga seperti sekarang.
Forum Silaturahmi yang berlangsung sehari ini diikuti segenap dosen dan pegawai STAIN Al-Fatah Jayapura  (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus