Perpustakaan Sumber Belajar yang Sangat Efektif bagi Peserta Didik



(STAIN Al-Fatah Jayapura) Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang sangat efektif yang bisa digunakan seluruh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Wakil Ketua I STAIN Al-Fatah Jayapura M. Dahlan Sain, S.Ag, MM mewakili Ketua menyampaikan hal ini dalam sambutan Penutupan Workshop ‘Tata Kelola Perpustakaan Sekolah SMA/Madrasah Aliyah se-Kota Jayapura’ di Hotel Citihub Abepura Jayapura, 8 April 2016 yang digelar Perpustakaan STAIN Al-Fatah Jayapura.
Pemateri bersama Ketua STAIN dan Kepala Perpustakaan
 “Segala macam sumber referensi resmi dari kebutuhan pembelajaran tersedia di perpustakaan, nah tinggal bagaimana kita memanfaatkannya secara baik dan benar,” ujarnya.
Waket I menambahkan, di perpustakaan kampus STAIN Al-Fatah Jayapura tersedia banyak hasil penelitian yang bisa dipelajari tentang pentingnya membaca dan belajar di perpustakaan.
“Memang tidak dipungkiri, banyak perpustakaan sekolah yang masih belum layak atau tidak memenuhi kriteria di lingkungan kita,” katanya.
Ia mencontohkan, ada ruangan perpustakaan tapi tidak ada bukunya.
“Atau ada ruangannya tapi tidak ada raknya, ada raknya tidak ada bukunya, ada bukunya tapi berserakan tidak terkelola dengan baik, dan seterusnya,” paparnya.
Maka, dengan pelatihan tata kelola ini diharapkan sedikit demi sedikit kondisi perpustakaan kita bisa dbenahi. Dahlan juga menekankan pentingnya dukungan dari semua pihak atau  stakeholder untuk tumbuh kembang dan majunya perpustakaan di Jayapura.
Sementara itu, Kepala Perpustakaan STAIN Al-Fatah Jayapura Agung Budiono, S.Sos mengatakan, Workshop ini menghadirkan pemateri dari Badan Perpustakaan Nasional R.I., Dra. Welmin Sunyi A, M.Lib, bersama Pustakawan Senior dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag, SS, M.Si. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 April 2016 ini diikuti sekitar 30 peserta yang merupakan perwakilan dari pengelola perpustakaan dan siswa SMA/MA di Kota Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus