New Normal, Rektor Minta Mahasiswa Baru Menyesuaikan Pola Pembelajaran

 



(www.iainfmpapua.ac.id) – Di masa new normal, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si meminta semua pihak agar menyesuaikan pola pembelajaran. Rektor menegaskan hal ini dalam acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Fattahul Muluk Papua dengan tema ‘Internalisasi Nilai-Nilai Keilmuan, Keislaman, dan Kebangsaan Dalam Kehidupan Kemahasiswaan’ di Gedung Kuliah Terpadu, Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura 7 September 2020.

”Sebagai mahasiswa baru, di masa pandemi Covid-19 mahasiswa harus terbiasa dengan pembelajaran secara online,” papar Rektor di depan mahasiswa peserta PBAK. Ia meminta mahasiswa untuk menyediakan fasilitas pembelajaran di rumah dengan ruang belajar yang aman dan nyaman serta menyesuaikan tatacara belajar secara online. ”Jangan sampai baru konsentrasi belajar, tiba-tiba ada yang mondar-mandir di belakang, ada yang panggil-panggil dan gangguan lainnya saat belajar,” candanya. Namun demikian, Rektor memperbolehkan proses pembelajaran dilakukan secara offline. “Dengan ketentuan, jika jumlah mahasiswanya sedikit, dan harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Rektor juga memberikan motivasi seputar pembelajaran kepada para mahasiswa baru. “Di IAIN Fattahul Muluk Papua banyak peluang besar untuk mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi,” ucapnya. Prestasi tersebut harus diukur dengan nilai Indek Prestasi Kumulatif (IPK). ”Nanti akan ada program beasiswa baru yang kita beri nama ‘Beasiswa Kita Cinta Papua’ untuk anak-anak asli Putra Papua,” ungkapnya.

Ke depan, pihaknya juga akan melibatkan mahasiswa dalam riset bersama dengan dosen untuk menerbitkan hasil penelitian dalam Jurnal yang terindeks.

Di kesempatan yang sama, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Moh Junaidin, M.A dalam laporannya menyampaikan, proses pembelajaran mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 akan dilakukan secara online. ”Berdasarkan keputusan bersama hanya PBAK yang dilakukan seacara offline dengan menerapkan protokol kesehatan, sedangkan untuk kuliah satu semester ini akan dilakukan secara online,” terangnya. 

Kabiro mengajak peserta PBAK untuk bersama-sama menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh dan mengikuti seluruh proses PBAK yang berlangsung dua hari ini.

Kegiatan Pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Fattahul Muluk Papua ini dihadiri oleh pejabat dan dosen di lingkungan di IAIN Fattahul Muluk Papua dengan menerapkan protokol kesehatan. (Min/Zul/Her/Ran).

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus