Pascasarjana IAIN FM Papua Gelar Kuliah Tamu Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

 

Kolase Tangkapan Layar Dr H Miftahul Huda dan Prof Phil Asfa Widiyanto

 

(www.iainfmpapua.ac.id) – Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Kuliah Tamu Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah secara online, 29 September 2020.

Dalam pengantarnya, Wakil Direktur PPs IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Miftahul Huda, MH mengatakan, kuliah tamu ini bertujuan untuk menumbuhkan minat menulis mahasiswa Pascasarjana.

Kegiatan ini memberikan panduan dan melatih mahasiswa dalam menulis sehingga sudah siap menyusun dari awal, dan juga berpeluang untuk menumbuhkan sinergi antar mahasiswa Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua,” ujarnya.

Dengan sinergi tersebut, lanjutnya, akan tercipta penelitian yang memiliki kualitas lebih baik dengan kolaborasi dari keahlian masing-masing. “Panduan ini untuk menulis pada jurnal bertaraf nasional maupun internasional yang bereputasi,” paparnya.

Miftahul Huda berharap kuliah tamu ini dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah pada mahasiswa Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua.

Kuliah tamu tersebut menghadirkan Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga Prof. Dr. Phil. Asfa Widiyanto, M.Ag.,M.A sebagai pemateri utama. Dalam paparan onlinenya, Asfa menyampaikan tentang tips and tricks menulis manuskrip jurnal yang baik sehingga dapat diterima dalam jurnal nasional dan jurnal internasional.

“Suatu karya ilmiah harus ditulis secara baik, serta mengikuti kaidah tata bahasa dan strukur penulisan yang benar,” urainya. Selain itu, tambahnya, sebuah artikel harus ditulis dengan penuh strategi agar dapat dimuat dalam jurnal nasional yang bereputasi.

Kuliah Tamu Online: Preparing A Paper For International Journal bertujuan memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan penulisan jurnal pada mahasiswa Pascasarjana Program Studi Hukum Keluarga Islam, dan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Kuliah tamu online dengan tema ‘Menuju Publikasi Ilmiah di Jurnal Nasional Bereputasi bagi Mahasiswa Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua’ ini diikuti mahasiswa dan dosen PPs IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran).

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus