LP2M IAIN Fattahul Muluk Papua Gelar Sosialisasi Program Penelitian


(Jayapura, 11 April 2019)  – Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Penelitian Tahun 2020, di kampus, 11 April 2019. Dalam sambutan pembukaan acara, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si mengingatkan tiga tugas pokok seorang dosen yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Suasana Sosialisasi Penelitian (Foto Agus Salim)
“Selain mengajar dan membimbing mahasiswa, Dosen diwajibkan pula untuk melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.
Melalui sebuah penelitian, sambungnya, dapat ditemukan solusi atas permasalahan yang ditemui perguruan tinggi maupun masyarakat luas. Rektor mengatakan, kegiatan penelitian juga berperan penting dalam meningkatkan reputasi kampus.
“Jurnal penelitian yang berkualitas dapat membantu perguruan tinggi meningkatkan reputasi di masyarakat,” ujarnya. Sementara itu, Kepala LP2M Dr. Suparto Iribaram, MA, menegaskan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi penelitian ini untuk menjelaskan mekanisme penelitian pada Kementrian Agama yang disesuaikan dengan agenda riset keagamaan nasional (Arkan).
“Yang diamanatkan bahwa riset pada Kementrian Agama diarahkan kepada masalah moderasi keagamaan,” urainya. Selain itu, kata dia, sosialisasi ini diharapkan dapat menjelaskan mekanisme pendaftaran penelitian secara online melalui Litapdimas.
“Jadi ada penjelasan dan bagaimana membuat laporan pertanggung jawaban keuangan riset yang selama ini masih menjadi kendala untuk mengembangkan penelitian,” ucapnya.
Suparto menginginkan agar peserta dapat memahami  proses sampai pada hasil dari penelitian agar dapat masuk di jurnal yang berreputasi.  “Syarat dan ketentuan di jurnal berreputasi sangat ketat, maka perlu ada pelatihan metodologi bagi dosen dan melakukan kursus kilat terbatas bagi dosen yang memiliki riset yang akan diterbitkan di jurnal baik nasional maupun internasional,” pungkasnya.
Kegiatan sosialisasi ini diikuti 53 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua.

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus