Diklat Pengadaan Barjas untuk Wujudkan Good Governance


(Jayapura, 24 Juni 2019) – Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) adalah upaya untuk mewujudkan Good Governance di lingkungan instansi pemerintah. Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Keuangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Moh. Junaidin, MA, menegaskan hal ini dalam sambutannya mewakili Rektor pada pembukaan Diklat Pengadaan Barjas di Aula kampus IAIN Fattahul Muluk Papua, 24 Juni 2019.
Ka.Biro AUAK Dr. H. Moh. Junaidin, MA

“Sebagaimana peraturan presiden, maka segala jenis pekerjaan nantinya memang perlu disertifikasi, termasuk pejabatnya juga,” ucapnya.
Hal ini, sambungnya, sebagai upaya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih atau Clean Goverment.
“Apalagi dalam era industri 4.0, kita wajib bersaing untuk meingkatkan kualitas dari setiap pekerjaan kita,” ujarnya.
Diklat Pengadaan Barjas diselenggarakan oleh Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Papua dan IAIN Fattahul Muluk Papua ini diikuti sejumlah 70 peserta.
Dalam sambutannya, Kepala Bagian TU Pusdiklat Drs. Bahari, MA menyampaikan bahwa jumlah aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama saat ini sebanyak 240 ribu lebih.
“Maka, diklat secara reguler tidak mungkin dicover semua oleh Pusdiklat, karena secara anggaran tidak memungkinkan,” sambungnya.
Untuk itu, kata dia, diperlukan kerjasama diklat dengan instansi atau satker di bawah Kementerian Agama.
Kepala Bagian TU Pusdiklat Drs. Bahari, MA
“Tahun ini ada 10 tempat wilayah kita melakukan kerjasama baik dengan UIN, IAIN, Kanwil, maupun STAIN dan STAKPN,” ujarnya.

Pusdiklat diberikan kewenangan oleh LKPP untuk menggelar diklat karena sudah terakreditasi A.
“Jika diklat dilaksanakan dengan baik, maka akan menghasilkan output yang baik, tentunya akan membuat pengelolaan keuangan dengan baik, sehingga dapat opini yang baik dari BPK, dan ujungnya tentu tunjangan juga jadi bisa naik 100 persen,” pungkasnya.
Pembukaan Diklat dihadiri unsur pimpinan dari IAIN Fattahul Muluk Papua, Balai Diklat Keagamaan Papua, Kanwil Kemenag Papua, dan STAKPN Sentani Papua. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus