Tujuan Asesor Bukan Mencari-Cari Kesalahan


(Jayapura, 27 Juni 2019) – Tujuan Tim Asesor ke kampus bukan untuk mencari-cari kesalahan dosen dan mahasiswa. Anggota Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Prof. Dr. Edi Cahyono menegaskan hal ini dalam sambutannya saat pembukaan Assesmen Lapangan Akreditasi Program Studi (Prodi) Tadris Matematika di Kampus IAIN Fattahul Muluk Papua, 27 Juni 2019.
Penyerahan berita acara asesemen lapangan ke Ketua Prodi
“Tujuan kami ke sini adalah hanya untuk mencari obyektifitas dari kondisi di lapangan,” ujarnya.
Jadi, ia meminta agar seluruh pihak dapat memahami peran Tim Asesor saat datang ke kampus.
“Kami juga tidak datang untuk memarahi dosen, mahasiswa, maupun penyelenggara prodi di kampus, namun kami akan menemukan obyektifitas dari pelaksanaan asesmen lapangan ini,” ucapnya.
Senada dengan hal tersebut, Ketua Tim Asesor BAN-PT Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto menjelaskan bahwa kedatangan tim asesor tidak untuk menghakimi para penyelenggara pendidikan.
“Kami datang untuk mengontrol dan mengcross-check kondisi di lapangan apakah sudah benar yang selama ini dilakukan oleh Prodi Matematika ini,” sambungnya.
Dalam arahannya, Mega Teguh menyarankan agar para mahasiswa dan dosen aktif dalam mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga.
“Silahkan aktif ikut lomba karya ilmiah, olahraga, seni dan lain-lain, karena dari situ nanti akan menunjang prestasi prodi yang bersangkutan,” tuturnya.
Pada bagian yang sama, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menegaskan bahwa civitas akademik harus memanfaatkan kedatangan tim asesor untuk mendapatkan tambahan ilmu seluas-luasnya.
“Sampaikan apa yang anda perlukan untuk kemajuan Prodi Matematika ke depan, penyakit-penyakit dan kesulitan apa yang selama ini ada sehingga nanti akan mendapatkan saran-saran perbaikan,” urainya.
Rektor menambahkan, sejumlah 80% anggaran akan dikelola oleh pihak Fakultas.
“Jadi buatlah kegiatan yang berkualitas, rekonstruksi kurikulum juga merupakan hal yang penting untuk menjaga mutu prodi-prodi yang ada,” pungkasnya.
Kegiatan pembukaan asesmen lapangan Prodi Matematika ini dihadiri unsur pimpinan, dosen, segenap organ Fakultas Tarbiyah, dan perwakilan mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her/Zul)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus