Benchmarking Pustakawan IAIN Papua: Kembangkan Perpustakaan Berstandar Internasional

(iainfmpapua.ac.id) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua berkeinginan mewujudkan perpustakaan perguruan tinggi yang berstandar internasional. Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd menyampaikan hal ini dalam kegiatan benchmarking Pustakawan IAIN Fattahul Muluk Papua di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 28 Februari 2024.

“Kami berupaya melakukan langkah maju dalam pengembangan pengelolaan perpustakaan dengan melakukan benchmarking di perpustakaan yang sudah meraih standar internasional,” ucapnya. Rektor menyebutkan bahwa Pustakawannya mendalami pengelolaan perpustakaan di UIN Malang agar dapat disesuaikan dan bisa diimplementasikan di perpustakaan IAIN FM Papua.


Rektor UIN Malang Prof. Dr. H. Zainuddin, MA menegaskan kesiapannya untuk mendukung pengembangan pengelolaan perpustakaan di IAIN FM Papua. Baginya, perpustakaan merupakan pondasi penting dalam dunia akademik sebagai sumber literasi bagi mahasiswa. “Pengelolaan yang berkualitas menjadi kunci untuk mencapai standar internasional,” paparnya.

Kepala Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua Tuwaji, S.Sos, M.Si mengatakan, pihaknya berupaya mengimplementasikan kerjasama perpustakaan UIN Malang dan perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua yang sudah dirintis sejak tahun 2021. “Kami juga melakukan studi tentang pengelolaan tata ruang perpustakaan sesuai paradigma baru perpustakaan digital, dan pengelolaan Turnitin sebagai komponen penting dalam mewujudkan perpustakaan digital, termasuk pedoman pemanfaatannya serta dalam meningkatkan kulitas hasil karya sivitas akademik,” urainya. Didampingi Pustakawan Sahibul Kahfi dan Kepala Perpustakaan UIN Malang M. Mufid, M.Hum, pihaknya juga mempelajari pengelolaan repository institusi untuk mempersiapkan akreditasi perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua tahun 2024. (*)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus