Manual Akademik Harus Mudah Dipahami


Dahlan Sain, MM (kiri) dan DR Miftahul Huda

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Buku Pedoman Manual Akademik harus mudah dipahami seluruh civitas akademik di Kampus STAIN Al-Fatah Jayapura. Wakil Ketua I STAIN Al-Fatah Jayapura Dahlan Sain, S.Ag, MM menyampaikan hal ini mewakili Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura dalam Pembukaan Rapat Pembahasan Buku Pedoman Manual Akademik yang diselenggarakan Pusat Penjamin Mutu (P2M) STAIN Al-Fatah Jayapura, Selasa 20 Januari 2015 di Ruang Senat Kampus.
“Ke depan, Buku Manual apapun harus bisa dipahami Dosen dan Mahasiswa dengan mudah,” ujar dia.
Dalam rapat ini, dibahas beberapa hal seputar peningkatan kualitas output mahasiswa. Kepala P2M Dr. Miftahul Huda mengatakan, ada enam poin penting dalam pembahasan rapat, yakni pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata), PKL (Praktek Kerja Lapangan), PPL, Pedoman Manual Akademik, Kode Etik Mahasiswa dan Pedoman Skripsi.
“Misalnya soal skripsi, perlu adanya penyamaan persepsi di kalangan dosen dalam membimbing skripsi mahasiswa,” ujar dia.
Kemudian, sambung Miftah, juga tentang Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, di mana banyak mahasiswa yang belum paham dengan baik cara penggunaan kedua metode tersebut.
Pada bagian lain, beberapa dosen juga mengemukakan usul-usul penting untuk dibahas dan dicarikan solusi atas beberapa permasalahan seputar KKN mahasiswa.
“Misalnya, soal penentuan lokasi apakah di luar kabupaten atau tidak, ini juga perlu ada di buku manualnya,” usul Dosen Syariah Syaiful Muhyidin, M.Ag.
Hal-hal lain yang mencuat di antaranya adalah perbedaan bentuk Laporan KKN individu dan kelompok.
“Mahasiswa banyak yang masih bingung formula dan cara pembuatannya,” tambah Kepala P2M.
Ia berharap rapat ini dapat menghasilkan formula yang tepat untuk membuat buku pedoman yang mudah dipahami demi kebaikan bersama. Rapat ini diikuti Dosen dan Pengurus P2M STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus