STAIN Uji Peserta Program Pembibitan Calon Dosen


Ketua STAIN (kiri) bersama Penguji lain

(STAIN Al-Fatah Jayapura) STAIN Al-Fatah Jayapura melaksanakan Uji Cara Mengajar bagi Peserta dalam Program Pembibitan Calon Dosen, Kamis 22 Januari 2015 di Ruang Senat Kampus STAIN Al-Fatah Jayapura. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si dalam evaluasinya menegaskan bahwa para peserta masih perlu memperbaiki strategi dalam memberi pengajaran kepada mahasiswa.
“Seperti soal materi dalam mengajar, ini penting dipahami, sehingga Dosen sudah harus menguasai materi yang akan diajarkan sebelum dia bertatap-muka dengan mahasiswa,” ujar Ketua.
Selanjutnya, sambung Ketua, juga tentang penggunaan metodologi dalam mengajar. Ia meminta Dosen nantinya harus memberikan pemahaman kepada mahasiswa dengan metode yang baku dan benar saat mengajar.
Selain Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura, para penguji lainnya yang hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Ketua I Dahlan Sain, S.Ag, MM dan Ketua Jurusan Tarbiyah H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd.
Dalam evaluasinya, Dahlan Sain menambahkan bahwa para peserta harus memperhatikan interaksi dalam kelas.
Salah satu peserta praktek mengajar
“Sebagai Dosen, penting untuk melihat suasana dan menciptakan interaksi yang bagus dalam proses belajar mengajar di ruangan,” ujar dia.
Ia juga menekankan pentingnya menyusun evaluasi pembelajaran dalam perkuliahan di kampus.
Program Pembibitan Calon Dosen ini diikuti duabelas peserta dan berlangsung selama dua hari. Para peserta menggunakan fasilitas laptop dan infokus pada saat praktek mengajar di depan para Penguji.
“Mudah-mudahan dari pembibitan ini nanti ada output yang tepat sesuai kebutuhan tenaga pengajar di kampus,” pungkas Ketua. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus