Penambahan Prodi Harus Melihat kebutuhan Pasar



(STAIN Al-Fatah Jayapura) Pembukaan Program Studi baru pada sebuah Jurusan atau Fakultas harus mempertimbangkan kebutuhan pasar. Wakil Ketua III STAIN Al-Fatah Jayapura Talabudin Umkabu, M.Pd menyampaikan hal ini dalam Rapat Pengajuan Alih Status STAIN Al-Fatah Jayapura menjadi IAIN, di Ruang Rapat Waket III, Kamis 29 Januari 2015.
Suasana Rapat
“Analisa pasar ini penting agar ke depan output mahasiswa kita memang benar dibutuhkan oleh masyarakat secara luas,” ujarnya.
Ia melihat banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang menelurkan mahasiswa dari berbagai jurusan, namun tidak sesuai dengan kebutuhan profesi di masyarakat.
“Jangan sampai menggenggam ijazah S1 tapi bingung mendapatkan pekerjaan,” tambahnya.
Pada bagian yang sama, Dosen Jurusan Syariah DR. Eko Siswanto menambahkan, banyak lulusan yang pintar namun disiplin ilmunya tidak banyak terserap oleh dunia kerja.
“Karena memang kondisi sosial budaya masyarakat berubah, ada disiplin ilmu lama yang tetap bisa dipakai, ada juga yang bergeser dan harus disesuaikan dengan perkembangan ilmu pendidikan maupun selera pasar,” jelasnya.
Drs. Sabar Podu, MHI ikut menyiapkan materi rapat
Dosen lain yang ikut dalam rapat, Safiudin, MH menambahkan, dalam menentukan nama program studi atau jurusan juga harus melihat peraturan yang sudah berlaku di Kementerian Agama.
“Penting untuk meneliti dulu, jangan sampai nanti bertabrakan dengan nomenklatur kita,” ingatnya.
Ia mencontohkan, jika membuat sebuah Prodi baru, perlu dipikirkan apa nama gelarnya jika sudah lulus nanti, sehingga tidak melanggar tata aturan yang sudah berjalan.
“Pemilihan nama program studi juga menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa nantinya,” kata dia.
Selain membahas pengajuan fakultas, rapat kali ini juga membahas usulan penambahan jurusan dan program sudi baru untuk alih status menjadi IAIN. Rapat diikuti Dosen dan staf di lingkungan Kampus STAIN Al-Fatah Jayapura.  (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus