Ramadhan, Momentum Peningkatan Kualitas Diri bagi Mahasiswa

(Jayapura, 21 Mei 2019) –  Bulan Ramadhan atau bulan puasa menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas diri mahasiswa. Ketua Takmir Masjid Kampus IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Suparto Iribaram, M,A, mengatakan hal ini kepada Tim Humas IAIN FM, 17 Mei 2019.
Suparto Iribaram (Kanan) pada suatu kesempatan-Foto Dok. Humas IAIN

"Bulan suci Ramadhan adalah bulan berkah, bulan sejuta hikmah dan bulan kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan, maka dari itu mengaktifkan masjid di bulan Puasa merupakan kegiatan positif bagi mahasiswa," ujarnya.
Suparto menjelaskan, mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua yang tinggal di asrama diajak untuk meningkatkan kualitas melalui berbagai program yang digagas Takmir. Diantaranya adalah program praktik ceramah dan buka puasa bersama.
"Salah satunya, program buka puasa bersama, jadi mahasiswa yang mayoritas dari daerah bisa menjalankan  ibadah dengan tenang tanpa memikirkan konsumsi berbuka,"  ungkapnya.
Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah melatih mahasiswa dalam mengatur kegiatan di masjid, dimana mahasiswa juga bisa praktek ceramah pada saat sebelum tarawih.
"Nantinya mahasiswa terlatih untuk menjadi penceramah yang profesional," urainya.
Selain mahasiswa, Dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua juga ikut terlibat dalam kegiatan ini untuk membimbing, mengarahkan mahasiswa serta sebagai pengisi ceramah di kegiatan tersebut.
Suparto juga menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan Ramadhan berjalan dengan baik sesuai rencana.
Dia berharap kedepannya kegiatan ini lebih ditingkatkan dengan berbagai kegiatan lain yang juga ikut menyemarakkan Ramadan di IAIN Fattahul Muluk Papua.
Beberapa penceramah yang ikut mengisi kegiatan ini diantaranya Ust. H. Baiturrahman, Ust. Dr. Eko Siswanto, Ust. H. M. Yasin Mayalibit, dan penceramah lainnya. (Her/Min)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus