Masyarakat Diminta Berhati-Hati Dalam Menyebarkan Informasi di Medsos


(Jayapura, 26 Mei 2019) – Masyarakat di Kota Jayapura diminta lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi di media sosial (medsos). Dosen IAIN Fattahul Muluk Papua yang juga menjabat Ketua Lazis Al-Hidayah Dr. M. Anang Firdaus, M.Fil.I, mengatakan hal ini saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) ‘Cooling Down Pasca Pileg’ di Aula Lazis al-Hidayah, Abepura, Jayapura, 26 Mei 2019.
“Mewakili Ketua Dewan Syariah Lazis Al-Hidayah yang juga Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Bapak Habib Idrus Alhamid, kami ingin mengingatkan kembali agar kita sama-sama waspada dengan berbagai informasi yang menyesatkan atau hoax di media sosial,” ujarnya.
Sesi Foto Bersama usai acara

Jika mendapatkan informasi di medsos yang mencurigakan, lanjutnya, warga seharusnya mencari informasi dari pihak-pihak yang bertanggungjawab.
“Sebaiknya kita menahan diri dulu sebelum menshare info-info tersebut agar kita tidak ikut terjebak dalam berita bohong,” ucapnya.
Pada bagian yang sama, Wakil Direktur (Wadir) Binmas Polda Papua AKBP Yamin, S.IK menyebutkan betapa pentingnya menyikapi informasi dari medsos untuk merawat keharmonisan antar sesama.
“Terlebih pasca pileg atau pemilihan legislatif tahun ini, jika sekali saja menyebar berita hoax sembarangan, efeknya dapat melumpuhkan warga se-Kota Jayapura,” jelasnya.
Untuk itu, kata Yamin, setidaknya ada strategi untuk menghadapi informasi yaitu dengan mengecek kebenarannya.
“Apakah itu berita baik atau tidak, dan berita itu memberikan manfaat apa tidak, ketiganya harus jelas dan positif,” papar Wadir.
Sedangkan Kasat Binmas Jayapura Kota AKP Piter Kendek, S.Sos, M.M meminta agar warga masyarakat tidak terlalu larut dengan berita-berita di medsos maupun di media masa lainnya yang belum jelas kebenarannya.
“Lebih baik fokus bekerja dan tetap menjalin keharmonisan antar tetangga, mengingat kontestasi politik itu sudah selesai dan dilaksanakan secara periodik,” tambahnya.
Dalam pesannya, Anang Firdaus kembali mengajak seluruh elemen untuk saling menjaga kerukunan dalam melanjutkan kehidupan di masyarakat. (Ist/Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus