Apel KORPRI, Warek II Himbau ASN Galakkan PHBS

Warek II IAIN FM Papua Dr. H. Musa Rumbaru, SH, MH

(Jayapura, 17 September 2019) – Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Wakil Rektor (Warek) II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Musa Rumbaru, SH, MH menegaskan hal ini dalam apel Korps Pegawai RI (KORPRI), di halaman Rektorat kampus IAIN Fattahul Muluk Papua, Buper Waena Kota Jayapura, 17 September 2019.
Suasana Apel KORPRI
“PHBS ini penting dikerjakan seiring dengan disiplin pegawai dalam bertugas,” paparnya.
ASN dituntut untuk disiplin pada aturan yang berlaku, karena aturan dibuat untuk mengatur ketertiban.  “Salah satunya harus memasukkan unsur taqwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.
Menurutnya, setiap ASN yang akan dilantik menjadi pejabat harus melakukan ikrar atau sumpah jabatan agar dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya dan selalu memiliki unsur religius.
“Unsur religius yang dapat dipraktekkan salah satunya adalah soal kebersihan, karena kebersihan adalah seni estetika dan juga bagian dari iman,” ujarnya.
Warek II menambahkan, salah satu indikator untuk mengetahui kebersihan seseorang adalah dengan melihat kamar mandi dan tempat tidurnya.
“Kita bisa lihat sendiri bagaimana kamar mandi di setiap ruangan di lingkungan kampus dari kebersihan, hingga ketersediaan air, ini harus menjadi perhatian,” jelasnya. Ia juga menambahkan untuk menggalakkan kembali Jumat bersih yang mana tugas membersihkan lingkungan adalah tanggung jawab bersama.
“Jangan hanya mengandalkan Cleaning Service saja,” ujarnya. Hal yang tak kalah pentingnya juga masalah kebersihan dan kenyamanan kantor.
Di kesempatan yang sama ia juga menghimbau kepada semua security untuk berkontribusi menciptakan suasana yang aman dan nyaman. “Security selain menjaga keamanan, juga bisa mengisi waktu yang kosong dengan banyak membaca buku-buku yang lebih bermanfaat,” ujarnya.
Di akhir amanatnya ia berpesan kepada seluruh ASN untuk selalu banyak membaca buku agar menguasai ilmu, dan meningkatkan ibadah.
“Karena keseluruhan itu dapat menjadi tongkat dayung mencapai kesuksesaan dan kebahagiaan dunia maupun akhirat,” pungkasnya.
Apel Korpri diikuti oleh Kabiro, Pejabat, Staff dan Dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus