Sosialisasi Kemitraan: Perpustakaan IAIN FM Papua ‘Tak Ingin Sendiri’

(Jayapura, 16 September 2019) – Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua tidak ingin sendirian dalam memanfaatkan teknologi di bidang pustaka. Kepala Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua Agung Budiono, S.Sos, M.Pd mengutarakan hal ini dalam sambutan pembukaan kegiatan Sosialisasi Perpustakaan Kemitraan pada Siswa SMU se-Kota Jayapura di Ruang Perpustakaan SMU Muhammadiyah Abepura, 13 September 2019.
Pemberian buku dari Kepala Perpustakaan IAIN FM Papua ke Kepala Sekolah SMU Muhammadiyah, MA Darul Maarif, dan MA YAPNI Muara Tami
“Perpustakaan kami telah memanfaatkan teknologi digital dalam pengelolaannya, dan kami tidak ingin sendirian dalam memanfaatkan hal 
ini, maka kami melakukan sosialisasi ke adik-adik,” ujarnya di depan para siswa dan guru.
Beberapa teknologi informasi yang telah diterapkan diantaranya adalah Aplikasi SLIMS yang membuat pemustaka dapat mencari bahan pustaka dengan lebih mudah.
“Ada lebih dari 14 ribu koleksi buku kami, jadi supaya mudah cara mencarinya tinggal ketik di komputer OPAC, nanti muncul kode dan letaknya,” urainya.
Agung mengatakan, Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua telah terakreditasi B nasional.
“Belum semua perpustakaan perguruan tinggi di Papua bisa mendapat peringkat akreditasi ini,” kata dia.
Karena itu, sambungnya, dengan berbagai fasilitas yang ada, ia ingin membagi semua kemudahan tersebut dengan para pengunjung perpustakaan.
“Dan anda bisa mendapatkan itu saat nanti bergabung menjadi mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua,” pungkasnya.
Pada bagian yang sama, Kepala SMU Muhammadiyah Abepura Udin Rumazakir, M.Pd menegaskan bahwa pihaknya bangga melihat perpustakaan era baru yang hadir di IAIN Fattahul Muluk Papua.
“Buku di perpustakaan ini kan jendela dunia, maka ini harus dimanfaatkan dengan baik agar kita bisa mengkloning atau mengikuti model baru perpustakaan ini dengan berbagai fasilitasnya,” ucapnya.
Ia menyatakan siap menjadi binaan dari Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua dan menerima segala masukan perihal pengelolaan IT.
Tim Sosialisasi Kemitraan Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua terdiri dari Pustakawan Tuwaji, M.Si, Purnomo, MA, dan Sahibul Kahfi, S.Pd. Selain di SMU Muhammadiyah, mereka juga melakukan sosialisasi di Madrasah Aliyah (MA) YAPNI Muara Tami pada tanggal 14 September 2019, dan MA Darul Maarif tanggal 16 September 2019.
Kepala Sekolah MA YAPNI Andi Hakim, S.Pd mengingatkan kepada anak didiknya tentang pentingnya membaca. “Allah SWT akan meninggikan derajat orang yang berilmu, karena itu kalian harus memanfaatkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.
Ia juga mengapresiasi Tim Sosialisasi dari IAIN Fattahul Muluk Papua yang tetap mengunjungi sekolahnya di tengah isu kerawanan keamanan yang menerpa Kota Jayapura beberapa minggu terakhir.
Sementara itu, Kepala Sekolah MA Daarul Maarif Irawati, M.Pd berharap agar sosialisasi kemitraan dapat membekali anak didiknya tentang ilmu perpustakaan pada masa yang akan datang. (Her/Min/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus