BI Siapkan Beasiswa Satu Juta Rupiah per-Bulan bagi Mahasiswa IAIN FM Papua

(Jayapura, 10 September 2019) – Bank Indonesia menyiapkan beasiswa senilai satu juta rupiah per bulan bagi Mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. Manager Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Galih Budi Utomo menjelaskan hal ini dalam Sosialisasi Program Beasiswa BI di Gedung Kuliah Terpadu, Kampus IAIN Fattahul Muluk Papua, Buper Waena Kota Jayapura, 10 September 2019.“Akan ada 50 beasiswa reguler bagi adik-adik mahasiswa yang memenuhi kriteria, sehingga dalam satu tahun akan mendapatkan Rp 12 juta rupiah,” ujarnya.
Manager Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Galih Budi Utomo memberikan materi
Ia mengatakan, penerima beasiswa dapat memperoleh beasiswa pada periode berikutnya sepanjang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. “Ada syarat seperti IPK minimal 3,00 dari skala 4, kemudian ada surat keterangan yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, dan lain-lain,” tuturnya.
Galih menegaskan, Bank Indonesia ingin fokus dalam mendidik generasi penerus bangsa dengan program beasiswa tersebut. “BI ingin meningkatkan partisipasi pendidikan, meningkatkan indeks pembangunan manusia dan ingin ikut mencetak pemimpin-pemimpin bangsa yang hebat,” urainya.
Ia melihat bahwa di Papua banyak sumber daya manusia yang bagus tetapi mengalami kesulitan dalam meneruskan pendidikan.
“Ada yang sambil kerja sampai malam, sehingga tidak fokus kuliah, nah kami ingin memberi bantuan agar anda fokus kuliah, tapi kalian juga harus bisa memberi kontribusi bagi kampus, dan tidak setengah-setengah dalam menjalani kuliah,” pesannya di hadapan mahasiswa.
Segenap pejabat dan pemateri menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum acara dimulai
Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menekankan bahwa negara berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa.
“Ketrampilan anak bangsa kita ini besar, tapi terkadang tidak ada kemampuan untuk kuliah, jadi disinilah pentingnya peran Bank Indonesia dalam membantu mencetak manusia yang unggul,” jelasnya.
Rektor mengaku senang dengan para mahasiswa yang datang untuk mengikuti sosialisasi tersebut.
“Kalian berpikir maju untuk meraih peluang dan kesempatan mendapatkan beasiswa, ini momentum yang bagus bagi mahasiswa menunjukkan minat dan keseriusan menempuh pendidikan,” tambahnya.
Menurutnya, perguruan tinggi siap ikut berperan aktif dalam mewujudkan mahasiswa yang mampu berinovasi dengan berbagai hal dengan bantuan dari BI atau lembaga lain melalui program CSR.
Pembukaan sosialisasi dihadiri segenap pejabat, dosen, dan ratusan mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her/Min/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus