Mahasiswa PKL Harus Siap Berperan sebagai Multitalent

(Jayapura, 10 September 2019) – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua harus siap berperan menjadi mahasiswa yang multitalenta. Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Fakultas Syariah, di Aula Kampus Buper Waena Kota Jayapura, 10 September 2019.
“Multitalenta ini maksudnya agar saudara saat terjun di masyarakat harus bisa melakukan apa saja yang ditugaskan atau diperintahkan oleh Pamong dan Pembimbing PKL,” jelasnya.
Rektor meminta para mahasiswa PKL tidak lagi bingung dengan apa yang akan dilakukan saat sudah di tempat kerja.
“Karena itu, anda harus mengikuti pembekalan dengan tuntas dan lengkap agar tidak ada materi yang terlewat dalam menunjang kegiatan PKL nanti,” ujarnya. Kondisi multitalent ini diperlukan agar mahasiswa dapat segera beradaptasi dalam lingkungan praktek kerja di berbagai tempat yang dituju.
“Saat ini sedang masa-masa transisi dari STAIN ke IAIN, jadi banyak perubahan-perubahan dalam kurikulum, seperti yang awalnya PKL dulu baru KKN maka saat ini mengalami perubahan dimana KKN dilakukan semester genap dan PKL dilakukan di semester ganjil,” tuturnya.
Ia mengharapkan agar PKL tidak dijadikan sebagai ajang eforia pasca selesainya Kuliah Kerja Nyata atau KKN.
“Masih banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan untuk mahasiswa yang PKL,” jelasnya.
Di akhir sambutannya, Rektor berharap agar mahasiswa menjaga moralitas dan menjaga nama baik kampus IAIN Fattahul Muluk Papua.
Dalam kesempatan yang sama Dekan Fakultas Syariah, Dr. Eko Siswanto, SHI, MH juga menyampaikan bahwa PKL merupakan persyaratan dari pembuatan skripsi. Diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikannya dengan baik serta dapat mempromosikan program studi yang ada di Fakultas Syariah.
“Kami melihat banyak masyarakat yang belum familiar dengan nama-nama Prodi yang baru tersebut,” urainya.
Kegiatan Pembekalan PKL ini dihadiri oleh 21 mahasiswa Fakultas Syariah yang terdiri dari Prodi Hukum Tata Negara, Hukum Ekonomi Syariah, dan Hukum Keluarga Islam. Acara pembukaan pembekalan dihadiri Dekan dan para pejabat di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. Pembekalan PKL juga menghadirkan narasumber Ketua PTUN Kota Jayapura, Ketua Pengadilan Agama Kota Jayapura, Kakanwil Kemenag Papua, OJK Papua dan  Papua Barat, serta Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua. (Min/Zul/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus