Program Pascasarjana IAIN FM Papua Gelar PBAK

(Jayapura, 10 September 2019) – Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan  Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 di Gedung Pascasarjana, Kampus Buper Waena Kota Jayapura, 10 September 2019.
Mahasiswa baru Program Pascasarjana menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum acara dimulai

Saat membuka PBAK, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si mengingatkan pentingnya peran mahasiswa dalam membuat karya tulis yang berbobot.
“Sejak awal matrikulasi, anda harus sudah berpikir untuk mulai menulis dan membuat karya ilmiah sesuai dengan standar akademik yang berlaku,” terangnya.
Penyusunan karya tulis ini menjadi penting, agar para mahasiswa pascasarjana dapat membuat inovasi atau hal-hal yang baru dalam bidang pendidikan yang digeluti.
“Tentu saja ini harus ada arahan dari dosen-dosen pascasarjana sehingga karya tulis anda menjadi menarik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat di masa sekarang,” urainya.
Rektor bersama Direktur Pascasarjana
Rektor menambahkan, dosen sebagai fasilitator harus lebih hari-hati dalam menentukan arah tulisan ilmiah para mahasiswa agar tidak melanggar etika dan pedoman akademik.
Direktur Program Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Husnul Yaqin, S.HI, MH menyampaikan bahwa PBAK dan matrikulasi ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi mahasiswa dalam menyusun tesis di akhir studi nanti.
Tujuan kegiatan ini untuk menyegarkan memori mahasiswa baru di dalam bidang ilmu tertentu.
“PBAK dan matrikulasi juga bertujuan menyetarakan persepsi dan pemahaman mahasiswa mengenai suatu disiplin ilmu,” ucapnya.
PBAK mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua ini diikuti oleh 18 mahasiswa dari Program Studi S2 Pendidikan Agama Islam dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom Papua..
Selain Rektor dan Direktur Pascasarjana, PBAK yang digelar selama dua hari ini menghadirkan pemateri Dr. H. Lalu Suherman, M.Pd, Dr. Suparto Iribaram, S.Sos., MA, dan Dr. Faisal Saleh, M.HI.
(Zul/Min/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus