Ada Lomba Masakan Nusantara di Perkemahan KDS IAIN Papua



(Jayapura, 30 Oktober 2019) –  Perkemahan Kebhinekaan dan Sosial (KDS) ke-III tahun 2019 yang digelar di area Bumi Perkemahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menghadirkan Lomba Masakan Nusantara. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini melibatkan peserta Pramuka tingkat Penegak se-Kota dan Kabupaten Jayapura, serta Kabupaten Keerom.
Dalam upacara pembukaan perkemahan, Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua H.M. Dahlan Sain, S.Ag, MM, mewakili Kamabigus Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua menekankan agar peserta Pramuka mengikuti semua tahapan yang telah ditentukan panitia.
Penyematan tanda peserta

“Jika ada materi kedisiplinan ataupun lomba-lomba, silahkan diikuti dengan seksama arahan dari kakak-kakak panitia,” ujarnya di hadapan peserta upacara, 30 Oktober 2019 di halaman Rektorat kampus, Buper Waena, Kota Jayapura..
Ia mengatakan, bahwa seyogyanya kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan seputar aktifitas kepramukaan di kalangan pemuda. “Kegiatan kepramukaan ini sudah memiliki dasar hukum jelas yakni Undang-Undang Nomor 22 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka serta Permendikbud 63 tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan,” jelasnya. Pendidikan kepramukaan tidak hanya diajarkan di sekolah atau kampus, tetapi juga dapat melibatkan masyarakat luas.
Peserta berfoto bersama dengan hasil masakan yang di lombakan
“Kegiatan kepramukaan bertujuan membentuk karakter, iman dan takwa, ahlak mulia, dimana didalamnya akan membentuk jiwa yang disiplin, taat hukum, serta pembentukan kecakapan-kecakapan tertentu dalam kepramukaan,” urainya. Dahlan meminta para peserta perkemahan pramuka untuk menjaga kesehatan selama kegiatan berlangsung. “Kegiatan ini jangan disia-siakan, insyaAllah pasti ada manfaatnya untuk kelak kemudian hari,” pungkas Dahlan.
Dihubungi terpisah, Ketua Dewan Racana Putri (DKR) Desi Islamiyati mengatakan bahwa Perkemahan Kebhinekaan dan Sosial ini tidak hanya berisi lomba masakan nusantara.
“Selain lomba masakan nusantara, kegiatan ini juga diisi dengan Lomba Pionerring, Materi Bela Negara, Kedisiplinan Berlalulintas, Penghijauan, Api Unggun, dan beberapa materi lainnya,” ucapnya.
Perkemahan Kebhinekaan dan Sosial diikuti peserta dari SMAN 6 Skouw, MA DDI Entrop, MA Al-Muttaqin. Dalam 1 Gugus Depan, mereka mengirimkan 2 Sangga yang terdiri dari 8 putera dan 8 puteri.
Upacara Pembukaan Perkemahan Kebhinekaan dan Sosial dihadiri unsur pejabat IAIN Fattahul Muluk Papua, DEMA, dan Dewan Kerja Ranting Heram. (Min/Her/Zul)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus