Moment Sumpah Pemuda, HMI-MPO IAIN FM Papua Gelar Donor Darah



Suasana donor darah

(Jayapura, 28 Oktober 2019) – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO Komisariat IAIN Fattahul Muluk Papua bersama Palang Merah Indonesia (PMI) unit transfusi darah Kota Jayapura menggelar kegiatan donor darah di area kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Buper Waena, Jayapura, 28 Oktober 2019. Kegiatan yang berlangsung di area gedung Perpustakaan ini digelar dalam rangka moment peringatan Hari Sumpah Pemuda.
“Selain itu untuk memberikan kesempatan bagi kaum muda, serta menggugah hati mereka untuk memperhatikan kepedulian terhadap sesama,” ujar penanggungjawab kegiatan, Asnan Siompo, yang juga merupakan mahasiswa semester 3 Prodi Manajemen Pendidikan Islam kepada Tim Humas IAIN Fattahul Muluk Papua. Ia berharap agar kegiatan donor darah tersebut dapat memberi manfaat bagi orang banyak dan pasien yang membutuhkan darah.
Dokter Widi Santoso yang bertugas dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pendonor mendapatkan 4 manfaat saat berdonor darah. “Dengan donor darah maka kita mengetahui golongan darah kita, kemudian donor darah juga mengurangi resiko serangan jantung,” ujarnya. Donor darah, menurutnya, juga berpengaruh pada faktor psikologis, karena menolong orang lain yang membutuhkan.
Dokter memeriksa calon pendonor

“Berdonor darah juga bisa mengontrol kesehatan kita, mengetahui pemeriksaan dari 5 penyakit yaitu penyakit HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, Sipilis serta Malaria,” jelasnya.
Ia menuturkan, syarat seseorang melakukan donor darah cukup mudah.
“Usianya 17 tahun sampai tidak ada batasan selama kesehatan memenuhi syarat, artinya di atas usia 60 tahun boleh donor darah yang penting rutin selama tiga bulan sekali, agar kita tahu perkembangan kesehatannya,” tambahnya.
Sasmi, salah satu peserta donor darah mengatakan gembira dapat ikut menyumbangkan darahnya.
“Dengan donor darah saya dapat menjaga kesehatan saya lebih baik lagi,” ujar Sasmi yang menempuh kuliah di Program Studi Perbankan Syariah Semester 1.
Kegiatan donor darah diikuti oleh kalangan mahasiswa, pegawai, dosen dan warga sekitar di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus