Banyak Fitnah, ASN Harus Mawas Diri dalam Menggunakan Medsos

(Jayapura, 17 Oktober 2019) – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua harus mawas diri dalam menggunakan media sosial (medsos). Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menyampaikan hal ini dalam  amanat apel Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) tanggal 17 Oktober 2019 di halaman Rektorat IAIN Fattahul Muluk Papua, Jl. Merah Putih Buper Waena Kota Jayapura.
Rektor IAIN FM Papua menyampaikan amanat

“Bagi yang punya WhatApp (WA) group harus hati-hati, jangan mudah terpancing isu-isu yang tidak jelas yang kita sendiri tidak tahu akar masalahnya, untuk itu bertanyalah atau klarifikasi kepada orang-orang yang memiliki derajat keilmuannya di atas dari kita,“ ujar Rektor.
Aparatur Sipil Negara baik PNS maupun Non PNS memiliki tanggung jawab dan tugas menjaga integritas bangsa dan negara dimana merupakan sebuah kewajiban bagi semua pegawai untuk memberikan yang terbaik kepada agama dan bangsa serta bersikap profesional.
“Kita harus cerdas bermedia sosial dari pada nyinyir dan menebar fitnah, lebih baik mengangkat tema yang humanis, karena baik buruknya bermedia sosial dampaknya akan luar biasa mempengaruhi gaya berpikir masyarakat,” tambahnya.
Pemimpin dan peserta apel melakukan penghormatan

Menurutnya, setiap pimpinan di lembaga ini memiliki tanggung jawab yang besar kepada anak buahnya. “Karena resiko harus ditanggung pimpinannya,” jelasnya.
Untuk itu, kata Rektor, sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB RI) No. 137 tahun 2018 tentang Penyebarluasan Informasi Melalui Media Sosial bagi Aparatur Negara, ia berharap ASN tidak membuat dan menyebarkan berita palsu (hoax), fitnah, provokasi, radikalisme, terorisme dan pornografi melalui media sosial atau media lainnya.
Di akhir amanat, Rektor mengingatkan agar tenaga administrasi non PNS untuk mempersiapkan diri melakukan try out mengerjakan soal-soal ujian.
“Kalau tahun depan ada penerimaan pegawai, mudah-mudahan anda dapat lulus dan melanjutkan karya di lembaga ini,” urainya. Ia juga meminta para tenaga IT untuk mempersiapkan rencana launching WIFI Corner agar memudahkan civitas akademik dan mahasiswa mengakses internet di setiap sudut kampus.
Apel KORPRI diikuti pejabat, dosen, dan pegawai di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus