IAIN Fattahul Muluk Papua Peringati Hari Santri 2023


(iainfmpapua.ac.id) –  Warga kampus Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua memperingati Hari Santri 22 Oktober 2023 di aula kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura dengan istighosah dan apel bersama. Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag., M.Pd sebagai pembina apel mengapresiasi peran besar santri dalam memajukan negeri.


“Sejatinya tugas santri tidak hanya sekedar belajar berbagai kitab, meramaikan masjid dalam acara seremonial, melainkan juga ikut serta dalam memajukan negara, dan santri yang hebat ialah mereka yang cinta dengan tanah air Indonesia,” ucapnya. Menurutnya, di IAIN Fattahul Muluk Papua sendiri terdapat banyak alumni pondok pesantren yang mengabdi. “Santri-santri ini berkewajiban menjalankan tugas sesuai dengan bidang dan kemampuannya masing-masing, dengan terus menjaga semangat moderasi dan toleransi, yang selama ini sudah terjalin dengan baik di tanah Papua,” tambahnya. Rektor juga mengingatkan tantangan yang dihadapi para santri di masa yang akan datang. “Ke depan, modernisasi dunia pendidikan, kebiasaan penggunaan internet dalam dunia pendidikan dapat memberi pengaruh yang baik dan buruk, dan ini akan menjadi tantangan para santri untuk memberi contoh yang baik di masyarakat,” imbuhnya. 


Di akhir sambutannya, rektor mengajak para santri untuk dapat terus menjadi motor penggerak ke arah kebaikan dan mengamalkan ilmu untuk bakti santri kepada negeri. Hari Santri merupakan peringatan tahunan sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri pada 15 Oktober 2015 yang lalu. Apel peringatan santri ini diawali dengan Isthigosah dan shalawat bersama yang dipimpin Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam Program Pascasarjana Dr. Hendra Y Rahman, M.HI. kegiatan ini dihadiri perwakilan santri dari berbagai pondok pesantren serta majelis ta’lim di wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. Apel dirangkai dengan menyimak pidato Presiden R.I. dalam peringatan Hari Santri dari Surabaya secara live streaming. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus