Pembekalan PKL FEBI: Mahasiswa Perkuat Mental Sebelum Turun Lapangan

(iainfmpapua.ac.id) –  Mahasiswa peserta praktik kerja lapangan (PKL) harus memperkuat dan memperkokoh mental untuk turun ke lapangan. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd menyampaikan hal ini dalam sambutan ‘Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)’, di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 5 Oktober 2023.


“Jagalah kesehatan rohani dan jasmani atau kesehatan mental agar bisa menjalani kegiatan PKL dengan maksimal, jika mental kalian bagus maka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan mudah,” tuturnya. Rektor juga berpesan agar mahasiswa dapat memperbaiki karakter dan kepribadiannya sebelum turun ke lokasi PKL. “Dengan menunjukkan adab yang bagus di tempat PKL dapat memberi dampak positif bagi orang-orang baru yang kalian temui,” imbuhnya.


Dalam sambutan sebelumnya, Dekan FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. M. Anang Firdaus, M. Fil.I berpesan kepada para peserta PKL agar dapat memanfaatkan momentum PKL ini dengan maksimal. “Agar bisa meningkatkan kompetensi, menambah pengalaman serta memperluas akses dan jejaringnya, sehingga ketika lulus sudah memiliki bekal yang mencukupi,” terangnya. Anang juga menyampaikan bahwa mekanisme PKL tahun ini sedikit berbeda. “Untuk tahun ini, mahasiswa yang akan PKL diberi kesempatan sekitar 10 hari untuk memilih instansi atau tempat yang akan dijadikan lokasi PKL, di mana mereka sudah menjalin komunikasi sebelumnya,” imbuhnya. Mekanisme tersebut dibuat dengan tujuan dapat membentuk kepercayaan diri mahasiswa. “Mereka akan mampu memperkenalkan diri kepada instansi yang dituju serta mereka dapat memaparkan target dan pencapain yang ingin dituju, hal ini juga merupakan penerapan dari program MBKM ,” urainya. Anang juga menyebutkan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan berbagai instansi atau mitra untuk penempatan lokasi PKL. “Tidak hanya dari lembaga keuangan saja namun lembaga lainnya,” ungkapnya. Harapannya, mahasiswa dapat menggali ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya di tempat PKL.

Ketua panitia kegiatan, Siti Alwya Syarif, M.Kom memaparkan bahwa PKL ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang professional di bidangnya. “Para mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia usaha,” tuturnya. Selain itu, PKL ini juga merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa dengan bekerja secara langsung di dunia usaha atau industry. “Secara sistematik dan terarah dengan supervise yang kompeten di bidangnya serta memiliki tujuan memperoleh pengalaman dan kecakapan penguasaan keahlian di suatu bidang hingga mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu,” paparnya.


Pembukaan Pembekalan PKL ini menghadirikan narasumber Nikita Jusuf Salama, S.Si dari Kantor Bank Syariah Indonesia Jayapura dan Isvani Buamona, SM dari PT Pegadaian Area Jayapura. Kegiatan ini diikuti oleh 55 peserta PKL yang akan ditempatkan di 18 instansi, diantaranya, Bank Papua, PT Garuda Indonesia, Bank BSI, Taspen, Bank BRI, Baznas ,DJP, BPJS Ketenagakerjaan, Dompet Dhuafa, Pegadaian Syariah, Pelni dan kantor lainnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus