Ma’had Al-Jami’ah STAIN Al-Fatah Jayapura menyelenggarakan Taaruf

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Ma’had Al-Jami’ah STAIN Al-Fatah Jayapura menyelenggarakan Orientasi Pengenalan (Taaruf) Ma’had di Masjid Kampus, 28 Agustus 2015. Taaruf ini diikuti enampuluh peserta yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi semester I yang menempati asrama kampus.
Dalam sambutan pembukaan Taaruf, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si mengatakan, setiap mahasiswa yang tinggal di dalam asrama wajib mengikuti taaruf tersebut.
Ketua STAIN (tengah) bersama Sekretaris Mahad

“Di sini ada materi-materi penting yang tidak anda dapatkan dari luar sebelumnya, baik itu pengetahuan tentang agama, maupun hal-hal positif lain,” terang Ketua.
Menurutnya, materi-materi yang akan diberikan pembimbing sangat berguna dalam aplikasi pergaulan sehari-hari.
“Contoh sederhana, ada materi etika berpakaian, etika berkomunikasi di kampus antara dosen dengan mahasiswa, maupun antar mahasiswa, dan macam-macam lainnya,” jelas Ketua.
Ia meminta mahasiswa peserta Taaruf belajar dengan tekun dan serius.
“Kalau lagi belajar melantunkan shalawat nabi, ya ucapkan dengan baik, semaksimal mungkin, jangan takut suara tidak bagus, toh belum tentu orang lain yang mendengar bisa melakukannya,” ujar Ketua.
Sebagai materi tambahan, ia berpesan kepada panitia agar menyisipkan materi menumbuhkan budaya zikir dan amalan yang baik.
Ditemui usai pembukaan, Sekretaris Mahad Al-Jamiah Muhammad Taslim, S.Ag, M.Ag mengatakan, jika nanti ada mahasiswa peserta taaruf yang ternyata sudah mahir atau hafiz baca Al-Quran, maka bisa saja diminta menjadi pembimbing atau instruktur bagi peserta yang lain.
“Dalam taaruf ini, juga akan diperkenalkan berbagai program dari Mahad, termasuk materi seputar tata tertib dan peraturan di dalam Mahad,” urai Taslim.
Taaruf ini berlangsung selama dua hari dan diisi oleh pemateri Dosen-dosen STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her) 

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus