Pemprov Tunjuk Dosen STAIN Menjadi anggota TPHD

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Pemerintah Provinsi Papua menunjuk dua orang perwakilan dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura sebagai anggota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) 2015 dari wilayah Papua. Sekretaris Jurusan Syariah H. Moh. Wahib, Lc, MA mengatakan hal ini di ruang kerjanya saat dimintai keterangan seputar penunjukkan TPHD, Rabu 5 Agustus 2015.
“Jadi, anggota TPHD ini ditunjuk dengan surat resmi oleh Gubernur Papua berdasarkan usulan-usulan  dari ormas (organisasi masyarakat), masjid-masjid, dan perguruan tinggi,” ujarnya.
H Moh Wahib, Lc, MA
Sebagai TPHD, ia bersama dosen jurusan Tarbiyah Yasin Un Mayalibit, S.Ag, M.Ag bertugas mendampingi jamaah calon haji dari Propinsi Papua dalam menjalankan ibadah haji di Saudi Arabia.
“Insha Allah kloter pertama nanti mulai tanggal 26 Agustus 2015 mengikuti kloter 6 Embarkasi Makassar, hingga nanti tanggal 7 Oktober 2015,” tambahnya.
Wahib menjelaskan, anggota TPHD seluruhnya berjumlah delapan orang. Selain dari STAIN Al-Fatah Jayapura, juga terdiri dari perwakilan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Papua.
Ia menyebutkan, hal ini termasuk salah satu fungsi keberadaan STAIN Al-Fatah Jayapura  di tengah-tengah masyarakat.
“Kita harus mampu memberikan pemahaman dan wawasan kepada jamaah calon haji tentang manasik dan berbagai hal lainnya menyangkut ibadah haji,” urainya.
Disinggung seputar kesulitan yang sering dialami jamaah, kata Wahib, sebagian besar jamaah masih belum memahami atau terkendala dalam pengetahuan tentang manasik haji.
“Selain itu, biasanya nanti ada kendala saat adaptasi dengan cuaca di Arab Saudi, dimana disana udaranya cukup panas dengan suhu sekitar 43 derajat celsius,” terangnya.
Kesulitan lain yang dialami jamaah adalah pengetahuan bahasa Arab yang minim untuk berkomunikasi dengan masyarakat di Arab Saudi.

“Tapi ini tentu juga dialami oleh banyak jamaah dari negara lain,” kata Wahib.
Ia juga mengingatkan bagi jamaah yang berusia lanjut, perlu pendampingan intensif dari tim kesehatan.
Ia berharap, pelaksanaan manasik akan berjalan lancar dan TPHD dapat menjalankan fungsi dengan maksimal. (Her) 

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus