Mahasiswa PPL dan PKL Diminta Ikut Sosialisasikan Prodi Baru



(STAIN Al-Fatah Jayapura) Mahasiswa peserta PPL dan PKL diminta ikut menyampaikan keberadaan program studi baru di STAIN Al-Fatah Jayapura. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si mengutarakan hal ini dalam sambutan Pembukaan Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Tarbiyah dan Syariah di Laboratorium Multimedia kampus STAIN Al-Fatah Jayapura, Rabu 19 Agustus 2015.
“Kalau dulu kita cuma ada prodi Pendidikan Agama Islam, Akhwalu Syaksiyah, PGMI, dan Muamalah, maka sekarang kita punya total duabelas prodi,” terang Ketua.
Program studi S1 yang baru tersebut yakni, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Hukum Tata Negara (Siyasah), Pendidikan Guru Raudatul Athfal, Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan prodi Pendidikan Agama Islam pada program Magister (S2).
“Perkembangan ini banyak warga yang belum tahu, maka harus dibantu dengan sosialisasi dari adik-adik semua,” kata Ketua.
Dengan cara tersebut, harap Ketua, maka masyarakat akan lebih mengenal STAIN Al-Fatah Jayapura.
Khusus kepada panitia PPL dan PKL, Ketua meminta agar para dosen membekali mahasiswa dengan informasi dan materi yang riil sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
“Kondisi masyarakat dan perkembangan jaman sudah berubah, maka materi yang diberikan juga harus menyesuaikan dengan kondisi di masyarakat,” jelas Ketua.
Ia mencontohkan, untuk jurusan Tarbiyah harus ada materi tentang persiapan mengajar dan penyusunan bahan ajar.
“Ini penting untuk praktek mengajar di sekolah nanti,” tambah Ketua.
Selain itu, kata Ketua, mahasiswa saat terjun ke lapangan, harus memiliki integritas, moralitas, dan kebanggaan almamater.
“Anda mesti berpenampilan meyakinkan, mengajar dengan senyum, bertegur sapa dengan ramah, karena anda menjadi ikon kampus dan menjadi panutan di lapangan nanti,” terang Ketua.
Pada bagian akhir sambutannya, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura berpesan agar mahasiswa selalu berkonsultasi dan berkomunikasi dengan dosen pembimbing agar segala kegiatan dapat dikontrol dan berjalan dengan baik. Pembukaan Pembekalan mahasiswa PKL dan PPL dihadiri para dosen, Kasubag, dan jajaran pimpinan di lingkup STAIN Al-Fatah Jayapura  (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus