STAIN Al-Fatah Jayapura Gelar OPAK untuk Calon Mahasiswa Baru



(STAIN Al-Fatah Jayapura) STAIN Al-Fatah Jayapura menggelar Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) Tahun Akademik 2015/2016, Selasa 25 Agustus 2015. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh 209 calon mahasiswa baru. Dalam laporannya, Ketua Panitia OPAK Ahmad Syarif Makatita menjelaskan, OPAK dimaksudkan kepada para pelajar untuk dapat mengenal institusi tempat menimba ilmu selama empat tahun ke depan.
Ketua Panitia Ahmad Syarif Makatita
“Di masa orientasi inilah, calon mahasiswa secara resmi mendapat pengenalan atas institusi yang akan menjadi rumah ke-2 bagi mereka,” ujarnya saat acara Pembukaan OPAK, di Aula Kampus.
OPAK kali ini mengambil tema ‘Menjunjung Tinggi Almamater Serta Keragaman Untuk Maju dan Berprestasi’. Dengan tema ini, kata dia, diharapkan mahasiswa mampu berkompetisi secara kualitas intelektual dan menjaga harmoni di tengah keragaman.
“Kegiatan ini didukung oleh 43 panitia dari elemen mahasiswa dan elemen lembaga,” tambahnya.
Dari pantauan, terlihat peserta OPAK yang masih fresh antusias menyimak materi yang diberikan pada hari pertama, termasuk ketika mengenal perpustakaan.
Kepala Perpustakaan Agung Budiono, S.Sos (kedua dari kanan)

Pada materi pengenalan perpustakaan kampus, Kepala Perpustakaan Agung Budiono, S.Sos menjelaskan secara rinci tentang tata cara peminjaman dan pengembalian buku.
“Di sini semua proses sudah berjalan sistematis, terarah, dan ada tahapan-tahapannya,” jelas Agung.
Ia menginstruksikan kepada staf untuk memberi contoh alur kedatangan mahasiswa masuk di perpustakaan, absen, peminjaman buku, hingga keluar dari gedung perpustakaan.
“Awas, kalau tidak sengaja membawa buku tanpa pendataan, maka alarm akan berbunyi ribut sekali,” kelakar Agung.
Kegiatan OPAK berlangsung hingga tanggal 26 Agustus 2015 dengan berbagai materi-materi lain dari Dosen maupun unsur pimpinan STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus