Civitas Akademik Manfaatkan Layanan Kesehatan dari Dompet Dhuafa

ASN memeriksakan kesehatan
(Jayapura,    Maret 2019) – Civitas Akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua memanfaatkan pelayanan Kesehatan dari Dompet Dhuafa dalam Program ALS (Aksi Layan Sehat) yang digelar Jumat 1 Maret 2019. Penanggungjawab LKC (Lembaga Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa Jayapura, Umayra mengatakan, ALS ini diperuntukkan bagi masyarakat yang berada di daerah yang relatif jauh dari fasilitas kesehatan.
“Tempatnya bisa dimana saja, baik itu rumah warga, sekolah, masjid, ataupun tempat lain tergantung dari hasil rekomendasi Puskesmas,” ujarnya di sela-sela kegiatan.
Umayra menegaskan, kegiatan mereka sudah berjalan sejak tahun 2014.
“Kegiatan kami laksanakan sebulan sekali, tersebar di wilayah Kabupaten Keerom, serta Kota dan Kabupaten Jayapura,” tuturnya.
Dari data sementara yang dimiliki tim LKC, warga yang memeriksakan kondisi kesehatannya seringkali mengeluhkan tentang penyakit ISPA dan malaria.
“Kami berharap ALS ini bisa menyasar daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan bisa lebih sering diadakan serta mendapat dukungan dari banyak pihak,” pungkasnya.
Siti Rokhmah, M.Pd, salah satu Dosen yang mendukung kegiatan ALC ini mengatakan, Aksi Layan Sehat ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada ASN dan juga mahasiswa di kampus untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma.
“Dalam jangka panjang, kita akan mempelajari untuk membuat kerjasama dengan pihak Dompet Dhuafa,” ujarnya.
Beberapa civitas akademik yang memeriksakan kesehatannya di kegiatan ALS ini mengaku bahwa aksi ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam bidang pemeriksaan kesehatan.
“Saya sudah dua hari ini tiap malam demam menggigil, tapi tidak ada waktu periksa ke dokter, nah, kebetulan ada layanan kesehatan di kampus, Alhamdulillah,” ucap Munir, salah satu ASN yang mendapatkan pengobatan gratis.
Ia berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan secara rutin di lingkungan kampus. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus