Rektor IAIN FM Berikan Materi Pentingnya Local Wisdom Dalam Penerbitan Jurnal

(Jayapura,      Maret 2019) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menyampaikan materi muatan local wisdom dalam kegiatan Workshop ‘Penerbitan Jurnal dan Website’ di salah satu hotel di Jayapura, 4 Maret 2019.
Sesi foto bersama Kepala Balai Diklat Keagamaan Papua Mohtar Tuhuteru, Prof Dr M Ishom, Rektor IAIN FM Papua Dr Idrus Alhamid, dan Widyaiswara
“Muatan local wisdom atau kearifan lokal ini sangat penting sebagai salah satu upaya untuk menjaga keaslian budaya dari tempat penelitian yang kita kerjakan,” ujarnya.
Ia mencontohkan, jika seorang mahasiswa asli Papua belajar ke Jakarta, maka hendaknya yang bersangkutan tetap menjaga bahasa dan budaya daerahnya. Hal ini dimaksudkan agar budaya itu tidak hilang tergantikan budaya baru.
“Jangan karena sudah bergaul dengan anak Jakarta, jadi bicaranya sudah berubah seratus persen. Maka, telponlah ke kampung seminggu sekali tetap memakai bahasa ibu,” urainya.
Rektor meminta agar para penulis mengedepankan muatan local wisdom dalam pembuatan jurnal online dan konten website lainnya.
“SDM yang mau menulis di jurnal ataupun website harus bisa memunculkan fenomena riil dibalik sesuatu yang nampak di permukaan,” tuturnya.
Ia berpesan agar penulis berhati-hati agar tidak terjebak plagiasi.
Workshop yang digelar Balai Diklat Keagamaan Papua selama tiga hari ini diikuti 25 orang pengelola jurnal dan website serta praktisi pendidikan.
Ketua Panitia workshop Fadlun Zakiya, SE, mengatakan, workshop juga bertujuan memberi fasilitas bagi Widyaswara untuk menuangkan ide dan gagasan kepada masyarakat.
“Workshop ini bertujuan memberi pembekalan untnk penulisan jurnal ilmiah dan website,” tegasnya.
Dalam pembukaan workshop, Sekretaris Balitbang Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Moh. Ishom, M.Ag., menyampaikan pesan Menteri Agama pada para peserta workshop.
“Ada 6 program unggulan Kemenag 2019 dan prioritas Pak Menteri bahwa kita harus bisa menciptakan layanan dari Kemenag yakni dari satu klik bisa lihat semua, MoRA One Search,” jelasnya.
MoRA (Minister of Religion Affairs) One Search diharapkan dapat menjadi aplikasi yang terintegrasi dari ribuan aplikasi di seluruh satuan kerja di bawah Kementerian Agama.
Di sisi lain, Prof. Ishom menginginkan agar Jurnal harus dapat dilihat secara online serta berisi penulis dari luar satuan kerja yang bersangkutan. (Her)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus