Data Harus Selalu Diupdate pada Sistem yang Terintegrasi



Ketua Panitia Abubakar Siddiq dan Kasie Bina Kelembagaan PTKIN Kemenag RI Lelis Tsuroya Herniatin memandu Dialog

(www.iainpapua.ac.id) – Segala jenis data yang ada di perguruan tinggi harus selalu diupdate pada sistem yang sudah terintegrasi. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, M.Si menegaskan hal ini dalam Workshop Penguatan Data Pada Pangkalan Data PDDIKTI di salah satu hotel di Abepura, Jayapura, 30 November 2019.
“Kenapa data harus diupdate terus, karena ini nanti terkait langsung dengan anggaran yang akan diterima perguruan tinggi,” ujarnya.
Rektor menyampaikan bahwa keberadaan sistem Big Data pada kampus harus segera diwujudkan.
“Contoh saja, hal yang terkait anggaran di bidang akademik, jika dengan data yang valid maka akan menentukan jumlah anggaran bantuan operasional perguruan tinggi negeri dari pusat,” urainya.
Terkait dengan hal itu, Rektor juga menegaskan rencana peluncuran sistem SIAKAD pada perguruan tinggi sebagai bagian dari sistem data yang terintegrasi.
“Nanti seluruh sistem dan aplikasi akan terintegrasi dan akan terpantau secara rinci,” tambahnya. Sehingga, lanjutnya, tidak lagi diperlukan berkas-berkas dalam bentuk printout kertas saat pemberkasan.
“Semua akan bersifat online dalam penginputan maupun pelaporan,” pungkasnya.
Rektor IAIN FM Papua Dr Idrus Alhamid memberikan sambutan

Ketua Panitia Workshop Penguatan Data Pada Pangkalan Data PDDIKTI Abubakar Siddiq, S.HI dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan menciptakan sistem informasi data yang akurat berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa serta stakeholder.
“Semua bertujuan menunjang kegiatan pembelajaran dalam data yang lengkap dan sistematis di IAIN Fattahul Muluk Papua,” ujarnya.
Dalam workshop ini, ia berkeinginan agar seluruh peserta dapat berdiskusi dan memberikan masukan terkait upaya tim Pangkalan Data IAIN Fattahul Muluk Papua dalam memberikan akses data yang terintegrasi bagi seluruh sivitas akademik.
“Workshop ini menghadirkan narasumber Kasie Bina Kelembagaan PTKIN Kementerian Agama R.I., Lelis Tsuroya Herniatin, M.Si,” sambungnya.
Workshop yang berlangsung satu hari ini diikuti oleh unsur pimpinan, pejabat fakultas, ketua program studi, perwakilan dosen, dan staf di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus