Asesmen Untuk Ukur Potensi Sumber Daya Manusia

 (iainfmpapua.ac.id) – Asesmen diharapkan dapat mengukur potensi sumber daya manusia (SDM) di sebuah organisasi. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd menyampaikan hal ini dalam kegiatan ‘Asesmen Pemetaan Administrasi’ di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua di Lab kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 16 Febuari 2023.

“Apakah SDM tersebut sudah ditempatkan di posisi dan jabatan yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya,” jelasnya. Dalam mengikuti asesmen, lanjutnya, para pegawai diharapkan dapat memahami tugas dan fungsi yang selama ini dikerjakan. “Tidak hanya fokus dan berpatokan pada nilai dari hasil asesmen yang diperoleh, karena jika jawaban yang diberikan itu benar dan tepat maka dari situlah akan dilihat apakah pegawai tersebut cocok ditempatkan pada jabatan tertentu,” tuturnya.

Rektor optimis para pegawai yang sudah memiliki banyak pengalaman mampu mendapat hasil yang maksimal pada asesmen ini. “Karena para ASN juga sudah memperoleh pengalaman dari luar dengan mengikuti pelatihan, pengembangan dan sebagainya,” ucapnya.

Ketua Tim Asesmen Biro Kepegawaian Kementerian Agama Saiful Akbar memaparkan bahwa asesmen ini untuk mengukur dan melihat kemampuan pegawai dalam memahami tugas pokoknya. “Serta mampu menerapkan tanggung jawab baik bagi diri sendiri maupun institusi,” paparnya. Menurutnya hal tersebut merupakan bagian dari proses asesmen. “Tujuan utama pelaksanaannya adalah untuk  memotret sejauh mana bapak dan ibu memahami tugas pokok serta dapat menyerap regulasi yang berkaitan dengan proses administrasi,” tuturnya. Saiful juga menjelaskan tentang asesmen dan uji kompetensi. “Jika asesmen muatannya adalah pemetaan yang memiliki 3 indikator yakni mutasi, rotasi dan promosi, sedangkan bagi JFT yang ingin naik jenjang maka melalui proses uji kompetensi,” jelasnya. Selain itu, ia berpesan agar para pemegang jabatan fungsional tetap melakukan koordinasi dalam bekerja. “Karena koordinasi tersebut menentukan penilaian pegawai untuk naik jenjang,” terangnya. Tim asesor juga memberikan arahan secara teknis dalam pelaksanaan asesmen.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor II Dr. Amirullah, M.Ag, Kepala Biro Dr. Basman, M.Ag, dan pejabat lainnya. Asesmen yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 16-17 Febuari 2023 ini diikuti oleh 39 pegawai struktural dan fungsional di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus