Rapat SBSN : Pembangunan Gedung Harus Diupayakan Tahan Gempa

 

(iainfmpapua.ac.id) –  Pembangunan gedung di wilayah Kota Jayapura harus diupayakan agar tahan terhadap goncangan gempa bumi. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd menyampaikan hal ini dalam rapat persiapan pelaksanaan kontrak pembangunan Gedung Perpustakaan di ruang rapat rektorat, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 14 Februari 2023.

“Dalam sebulan ini, Jayapura diguncang gempa beberapa kali, maka pembangunan sarana prasarana fisik harus mempertimbangkan kondisi tersebut,” ujarnya. Selain konstruksi yang tahan gempa, pembangunan gedung dari proyek SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) harus berkualitas dan tepat waktu sebagaimana aturan dari Kementerian Keuangan, Bappenas, Kementerian PUPR dan Kementerian Agama. “Membangun struktur yang tahan gempa merupakan sebuah ikhtiar kita terhadap kondisi yang berkembang saat ini, semoga Allah meridhai pekerjaan kita,” ucapnya.

Senada dengan Rektor, Kepala Biro AUAK IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Basman, M.Ag menyebutkan bahwa pihak konsultan perencana hendaknya memperhatikan pemilihan material dan kondisi tanah di kawasan yang akan dibangun dalam desain perencanaan. “Sebisanya gedung bisa beradaptasi dengan gempa seperti upaya dari pembangunan di tempat-tempat lain yang rawan gempa bumi,” urainya.

Dalam moment yang sama, Tim Teknis Dinas PUPR Provinsi Papua Erwin Lumenpouw mengingatkan tentang hal-hal teknis terkait pembangunan gedung berdasarkan peraturan terbaru dari pemerintah. “Diantaranya ada beberapa kewajiban yang harus dikerjakan konsultan perencana, kemudian hal-hal yang harus disepakati dalam Pra Construction Meeting atau PCM, dan aturan lainnya,” terangnya. Sementara itu, Direktur PT Tisaga Konsultan, Sutarjani mengatakan bahwa timnya berpengalaman dalam mendesain bangunan di Papua dengan konsep tahan gempa. “Semoga nanti kekuatan struktur bisa seperti yang diharapkan,” paparnya bersama tim.

Rapat yang dipandu PPK SBSN IAIN Fattahul Muluk Papua Purnomo, M.M ini diikuti tim penyedia, tim teknis Dinas PUPR Papua, dan tim pengelola kegiatan SBSN IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus