AMI, Upaya Standarkan Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi

 

(iainfmpapua.ac.id) –  Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar pekan audit mutu internal (AMI) di berbagai unit di kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura dari tanggal 4 Juli hingga 7 Juli 2023.

Ketua LPM IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Siti Rokhmah, M.Pd mengatakan, AMI merupakan implementasi penjaminan mutu di tingkat fakultas, pascasarjana hingga program studi. “Audit ini dilaksanakan untuk mengetahui kesesuaian penyelenggaraan pendidikan tinggi di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua dengan standar nasional pendidikan tinggi,” jelasnya. Ia menambahkan, proses audit lapangan dilaksanakan pada 4 unit pengelola program studi dan 13 program studi.

“Ini melibatkan 19 auditor internal di lingkungan IAIN Fattahul muluk Papua,” tambahnya. Ia berharap, dengan adanya pekan AMI ini, maka seluruh prodi dapat mempersiapkan diri menghadapi akreditasi. “Pengelola program studi diharapkan nantinya telah memiliki kesiapan yang cukup untuk menghadapi proses akreditasi program studi, baik yang diselenggarakan oleh BAN-PT, LAMDIK maupun LAMEMBA,” pungkasnya.

Pekan AMI ini merupakan siklus yang ke-2. Kegiatannya dimulai dengan pelaksanaan audit dokumen pada tanggal 15 – 23 Juni 2023, dan dilanjutkan dengan pekan AMI 2023 pada tanggal 3 – 7 Juli 2023. Salah satu auditor internal IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Shofwan Aljauhari, M.Pd.I., M.HI menjelaskan pentingnya kegiatan AMI. “Harus menjadi pegangan bahwa kegiatan audit mutu ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pengelolaan pendidikan, bukan untuk mencari-cari kesalahan dari audite, tapi untuk membantu mengubah hal yang belum baik menjadi baik dan hal yang baik menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Dr. M. Anang Firdaus, M.Fil.I mengapresiasi kegiatan AMI ini. “Saya berharap para auditor dapat membantu kami dalam memenuhi dokumen persyaratan menatap akreditasi program studi,” jelasnya. Para auditor juga melaksanakan proses yang sama kepada fakultas dan unit lainnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus