Halal Centre IAIN Papua Gelar Bimtek Percepatan Sertifikasi Halal

 

(iainfmpapua.ac.id) –  Lembaga Halal Centre Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua bersama Kanwil Kementerian Agama Papua menggelar kegiatan ‘Bimbingan Teknis Percepatan Sertifikasi Halal’ di MIN 1 Koya Barat, Kota Jayapura, 26 Juni 2023. Ketua Halal Centre Ika Putra Viratama, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat program sertifikasi produk halal di wilayah Provinsi Papua. “Terutama untuk menciptakan kantin halal yang berada di madrasah-madrasah di Papua,” terangnya.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd mengatakan bahwa semua pihak kiranya dapat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan sertifikasi halal agar terlaksana dengan baik. “Saat ini pemerintah pusat mempermudah proses sertifikasi halal, Alhamdulillah hanya sekitar 21 hari sudah keluar sertifikatnya, percepatan sertifikasi halal didukung dengan tim yang handal,” jelasnya.

Pada bagian lain, Ketua Satgas Layanan JPH Papua, Ani Matdoan mengatakan, percepatan sertifikat halal membutuhkan kerja kolaborasi antara pemerintah daerah dan stakeholder terkait. “Baru sekitar 200 pelaku usaha kecil dan mikro yang mendapatkan sertifikat halal,” ucapnya. Menurutnya, sertifikat halal adalah salah satu syarat bagi pengusaha untuk memasarkan dan mengedarkan produk yang dimiliki sesuai Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal atau JPH.

“Dari pusat bersama tim di daerah turun melakukan bimtek percepatan sertifikasi halal agar target 3 ribu sertifikat halal gratis tahun 2023 ini bisa tercapai,” ujar Ani yang juga menjabat sebagai Pembimbing Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Papua ini. Ia berharap, kolaborasi pemerintah daerah, stakeholder, pendamping LP3H IAIN Fattahul Muluk Papua, pendamping binaan lain dan para guru di madrasah di Kota Jayapura dapat mempercepat progres sesuai target.

Kegiatan ini diikuti pendamping halal dari lembaga cendekia muslim dan lembaga IAIN Fattahul Muluk Papua, unsur pendamping dari penyuluh agama di Kota Jayapura, para mahasiswa, dan guru madrasah yang berada di bawah binaan Halal Center IAIN Fattahul Muluk Papua. (*)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus