Launching KSPPS: Koperasi, Laboratorium Mahasiswa FEBI

 

(iainfmpapua.ac.id) –  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan ‘Launching dan Penandatanganan Berita Acara Pendirian Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) atau Bank Mini FEBI’ di aula kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 23 Juni 2023.

Wakil Dekan I FEBI Dr. Moh. Syarifudin, M.E.I menerangkan bahwa koperasi ini merupakan laboratorium mahasiswa FEBI. “Mahasiswa tidak hanya belajar dan membaca teori saja, namun juga bisa mempraktikan keilmuannya di koperasi ini, mereka bisa belajar menjadi nasabah dari KSPPS syariah ini,” terangnya. Menurutnya, koperasi ini juga bisa mengedukasi mahasiswa dengan memberikan wawasan dan pengalaman langsung. “Jadi ketika nanti KKN atau KKL di masyarakat, mereka sudah siap untuk terjun di lapangan karena sudah terbiasa mengelola koperasi dengan menjadi anggota atau nasabah,” tuturnya.

Dalam sambutan sebelumnya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr.H. Marwan Sileuw, M.Pd menyampaikan optimisme bahwa koperasi ini dapat bergerak maju. “Koperasi di lingkup FEBI ini akan terus aktif karena dikelola langsung oleh bidang fakultas yang linear,” tuturnya. Menurutnya dengan dukungan dari pihak pemerintah daerah dan Dekopinda, maka koperasi mini bank FEBI ini dapat berkembang lebih bagus lagi. “Tidak hanya dimanfaatkan mahasiswa saja namun juga oleh masyarakat umum, koperasi juga merupakan ladang pahala karena kita dapat membantu orang yang membutuhkan bantuan,” imbuhnya. Rektor juga berpesan agar pengurus maupun anggota amanah dan bertanggung jawab dalam mengelola koperasi ini demi kesejahteraan bersama.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Koperasi Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Jayapura, Ir. Ahmad Musa menjelaskan bahwa koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan orang perorang. “Berbeda dengan badan usaha pribadi kios atau toko yang menjual produk, sedangkan koperasi merupakan badan usaha dimana dari kita untuk kita, sehingga keuntungan dan kerugian juga ditanggung sendiri,” jelasnya. Dalam menjalankan koperasi harus ada laporan dari pengurus koperasi yang bersifat berkala. “Koperasi ini merupakan badan usaha yang murah dan mudah dikelola,” ungkapnya. Harapannya koperasi ini dapat memberikan manfaat kepada para anggota koperasinya. “Terutama dan terkhusus bagi mahasiswa yang mengalami kendala atau kesulitan ekonomi dalam membayar UKT atau uang semester, uang praktik dan sebagainya, koperasi ini diharapkan bisa berpartisipasi dan membantu mahasiswa hingga bisa tetap melanjutkan kuliah dan menghasilkan lulusan-lulusan terbaik,” terangnya.

Ketua Dekopinda Kota Jayapura, H. Supriadi Laling mengapresiasi kegiatan launching koperasi bank mini FEBI ini. “Harapannya, mahasiswa lulusan FEBI maupun IAIN Papua nantinya sudah memiliki kemandirian secara ekonomi dengan dukungan dari bank mini FEBI ini,” terangnya. Menurutnya perlu ada kolaborasi, sinergitas dan kerjasama dalam membangun koperasi FEBI ini. “Karena tidak ada keberhasilan dan kesuksesan yang dilakukan secara individu,” pungkasnya.

Ketua panitia kegiatan, Abdul Karman, M.M menyampaikan bahwa KSPPS merupakan jenis koperasi yang dikelola secara profesional dengan prinsip syariah. “Anggota koperasi bisa berasal dari mahasiswa hingga sivitas akademik di lingkungan FEBI dan tidak menutup kemungkinan masayrakat umum , mahasiswa, dosen dan tendik fakultas lain juga dapat bergabung menjadi anggota koperasi,” jelasnya. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus