Mahasiswa IAIN Papua Edukasi Tentang Lembaga Keuangan Ke Masyarakat

 

(iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua memberikan edukasi tentang lembaga keuangan kepada siswa SMA Yapis Nimbokrang Kabupaten Jayapura dalam tugas mata kuliah PKM.

Muhammad Askur, mahasiswa semester 6 Prodi PS FEBI mengatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan menambah pengetahuan dan wawasan pada generasi muda mengenai lembaga keuangan di Indonesia. “Termasuk jenis-jenis lembaga keuangan, tujuan dan fungsinya, hingga peran lembaga keuangan dalam sebuah perekonomian di suatu negara,” terangnya kepada tim Humas, 6 Juli 2023. Selain itu, kegiatan ini menjadi tempat atau wadah bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama masa perkuliahan. “Kami juga bisa lebih mengenal masyarakat, khususnya yang ada di Jayapura,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Abdun Na’im, anggota kelompok 3 dalam kegiatan PKM menerangkan materi ‘Edukasi Lembaga Keuangan’ kepada siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jayapura. Bersama anggota timnya, Naim menjelaskan bahwa lembaga keuangan memberikan fasilitas dan produk di bidang keuangan serta menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan. “Lembaga Keuangan juga memiliki peran yang mengatur sistem keuangan baik dalam bank maupun non-bank, yakni bank konvensional dan bank syariah,” tuturnya. Selain itu, layanan jasa yang ditawarkan bank juga beragam mulai dari surat kredit berdokumen, bank garansi, inkaso, kliring, transfer, safe deposit box dan uang elektronik. “Untuk produk bank yang biasa digunakan dalam bentuk tabungan, deposito, kredit, online bangking dan giro,” imbuhnya. Sedangkan Lembaga Keuangan Non-Bank (LKnB) adalah yang memiliki perizinan resmi dalam menghimpun dana masyarakat. “Dana yang dikumpulkan kemudian dikelola untuk disalurkan menjadi surat berharga atau sebagai pendukung aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan investasi,” jelasnya.

Dosen pengampu mata kuliah PKM, Fachrudin Fikri Affandy, ME menyebutkan bahwa para mahasiswa berfokus untuk mengenalkan lembaga keuangan syariah kepada anak-anak SMA yang belum mengetahui definisi maupun fungsi dan tujuan dari lembaga keuangan. Fachrudin berharap PKM ini bisa dilaksanakan tiap semester dan bisa bekerjasama dengan berbagai stakeholder.  (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus