Akreditasi Bentuk Pengakuan Kualitas Lembaga

Foto Bersama Tim Assesor dan Civitas Akademik IAIN Fattahul Muluk Papua
(Jayapura, 19 Juli 2019) – Akreditasi program studi menjadi bentuk pengakuan sebuah lembaga atas perannya dalam dunia pendidikan. Wakil Rektor II IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Musa Rumbaru, M.H, menegaskan hal ini dalam sambutannya di acara Asessmen Lapangan Akreditasi Program Studi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah oleh Tim Assesor BAN-PT di Kampus IAIN Fattahul Muluk Papua, 19 Juli 2019.
Dengan adanya akreditasi, maka hal ini menjadi pengakuan pada lembaga pendidikan sehingga akan menguntungkan mahasiswanya.
Menurut Musa, penilaian bagus tidaknya sebuah kampus bukan semata-mata terletak pada mahasiswa yang banyak, nilai yang tinggi, ataupun bangunan yang megah, tetapi terletak pada akreditasinya.
“Percuma saja kita memiliki mahasiswa yang banyak, kalau program studinya belum terakreditasi, jadi kasihan mahasiswanya karena tidak diakui,” tegasnya. Ia menyatakan syukur dan senang dengan kegiatan asesemen lapangan ini.
“Akhirnya satu per satu prodi di setiap fakultas telah melakukan akreditasi,” tambahnya.
Musa juga menambahkan dengan niat yang baik ini kiranya dapat membangun peradaban yang tinggi dan mulia di timur Indonesia.
Di kesempatan yang sama, Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) Prof. Dr. Baso Jabu, M.Hum, menjelaskan bahwa akreditasi ini memang penting karena merupakan bagian dari penjaminan mutu.
“Syukurnya prodi ini sudah diakreditasi sebelum ada tamatannya,” imbuhnya.
Foto Bersama Tim Assesor dengan Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris
Dalam melakukan penilaian akreditasi, menurutnya ada beberapa aspek yang menjadi penilaian. Dimulai dari diskusi borang, wawancara, dan kunjungan fasilitas kampus seperti ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, ruang dosen, administrasi dan lain lain.
“Kami mengecek keseluruhan ini agar bisa diakui dan disahkan kevalidannya,” jelas Prof Baso.
Kegiatan Pembukaan Assesmen Lapangan Prodi Tadris Bahasa Inggris dihadiri juga oleh Asesor Dr. Ngadiso, M.Pd, unsur pimpinan, Dekan fakultas, segenap dosen dan perwakilan Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris. (Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus