DPL Jangan Segan-Segan Diskualifikasi Mahasiswa yang Bolos KKN


(Jayapura, 6 Juli 2019) – Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) harus tegas mendiskualifikasi mahasiswa yang tidak mengikuti tahapan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Wakil Rektor (Warek) I IAIN Fattahul Muluk Papua H.M. Dahlan Sain, S.Ag, MM, menegaskan hal ini dalam sambutannya pada kegiatan Pembekalan Mahasiswa KKN Tahun 2019 di Aula Gedung Kuliah Terpadu IAIN Fattahul Muluk Papua, 6 Juli 2019. 

“Dosen harus memberi nilai yang jujur dan adil kepada para mahasiswanya, jika memang malas atau sering bolos KKN, maka bisa saja diberikan nilai yang tidak sesuai harapan,” ujarnya.
Sebaliknya, kata Dahlan, DPL juga harus memberi apresiasi nilai yang maksimal kepada mahasiswa yang rajin dan melaksanakan tugas KKN dengan baik.
“Saya memberi pujian kepada LP2M yang sudah melaksanakan akselerasi atau percepatan pada program KKN ini, sehingga nantinya studi para mahasiswa bisa cepat diselesaikan,” sambungnya.
Melalui kegiatan pembekalan ini, Warek I meminta kepada para mahasiswa peserta KKN agar menjaga nama baik lembaga di tengah-tengah masyarakat.
 “Jangan sampai ada laporan kalian cuma hadir Senin Kamis saja di lokasi, ini akan membawa dampak buruk pada lembaga dan pada nilai kalian sendiri,” pesannya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Suparto Iribaram, MA, menyampaikan bahwa KKN kali ini diikuti 140 mahasiswa yang tersebar di 6 lokasi berbeda.
“Kegiatan hari ini bertujuan untuk membekali mahasiswa yang akan melakukan KKN di 6 lokasi di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom,” jelasnya.
Peserta KKN terdiri dari mahasiswa semester VI dan semester lanjut yang masih belum KKN.
“Narasumbernya berasal dari para dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua,” tambahnya.
Setelah kegiatan pembekalan, mahasiswa diharapkan mampu melakukan kegiatan KKN dengan mempertimbangkan aspek SDM dan SDA (sumber daya alam) yang belurn dikelola secara maksimal  di lokasi KKN.
“Nanti akan ada KKN tahap kedua yang akan diikuti peserta KKN dari mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang direncanakan pada tanggal 19 Juli 2019,” pungkasnya.
Pembukaan Pembekalan Mahasiswa KKN dihadiri unsur pimpinan, dosen, staf, dan para mahasiswa peserta KKN. (Her/Zul/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus